Ratusan Orang Protes Pengeboran Kutub Utara

Aksi protes berlangsung di utara-barat pelabuhan kota Seattle, Amerika

Minggu, 17 Mei 2015 21:03 WIB

Ilustrasi pemboran minyak dan gas bumi. Foto: Antara

KBR- Ratusan orang berkumpul dengan menaiki kayak dan perahu kecil untuk melakukan protes terhadap pengeboran minyak di Kutub Utara oleh produsen minyak raksasa Shell. Aksi protes ini berlangsung di utara-barat pelabuhan kota Seattle, Amerika setelah satu dari dua rig besar milik Shell tiba di pelabuhan. Dalam beberapa bulan mendatang, perusahaan akan menempatkan rig-rig tersebut untuk eksplorasi minyak di lepas pantai utara Alaska.

Protes pun digelar oleh para aktivis yang menyatakan bahwa pengeboran oleh perusahaan minyak tersebut akan merusak lingkungan. Awal pekan ini, Shell memenangkan persetujuan bersyarat dari US Department of Interior untuk eksplorasi minyak di Kutub Utara. Namun perusahaan itu masih harus mendapatkan izin dari pemerintah federal dan negara bagian Alaska untuk memulai pengeboran. Shell menyebut Arktik Kutub Utara penting untuk memasok kebutuhan energi masa depan. Para pengunjuk rasa itu berkumpul dalam formasi dan meluncurkan tanda besar yang berbunyi "Keadilan Iklim Sekarang". Sebuah tongkang bertenaga surya dengan nama "Platform Rakyat" juga bergabung dengan pengunjuk rasa yang meneriakkan slogan-slogan dan juga menyanyikan lagu-lagu. (BBC)

Editor: Dimas Rizky

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Ikhtiar Membentengi Anak-anak Muda Dari Radikalisme

  • Kepala Korps Brimob soal Penganiayaan Anggota Brimob Terhadap Wartawan LKBN Antara
  • Wakil Ketua KPK Laode M Syarief Soal Sikap KPK Terhadap Pansus Angket KPK Di DPR
  • Mendikbud Muhajir Effendy Soal Penerapan Sekolah Lima Hari Sepekan
  • Jadi Kepala UKP Pembinaan Pancasila, Yudi Latif Jelaskan Perbedaan dengan BP7
  • Siti Nurbaya: Lestarikan Lingkungan Perlu Kejujuran

Kepolisian Siapkan 4 Ribu Personel Amankan Kunjungan Obama di Jakarta dan Bogor

  • Peningkatan Kendaraan Arus Balik Lebaran Terjadi di Tol Cileunyi
  • Penghapusan Sistem Kuota, Importir: Lihat Dulu Apa Komoditasnya
  • Militer Filipina Temukan 17 Jenazah yang Dimutilasi di Marawi

Mudik seakan menjadi rutinitas tahunan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Bagaimana kesiapan fasilitas sarana dan prasarana mudik tahun ini? Apakah sudah siap pakai untuk perjalanan pemudik?