HEADLINE

Paus Minta Pemimpin Kristen Dunia Bela Toleransi Beragama

"Ketegangan atas nama agama banyak terjadi di Eropa. "

Citra Dyah Prastuti

Paus Fransiskus (Foto: Antara)
Paus Fransiskus (Foto: Antara)

KBR – Paus Fransiskus meminta semua pemimpin agama Kristen di seluruh dunia untuk membela kebebasan terhadap ekspresi beragama dari apa yang disebutnya sebagai ‘toleransi yang disalahgunakan’.

Hal ini dinyatakan di pertemuan pemimpin Katolik dan Protestan di Eropa dan bersamaan juga dengan adanya ketegangan soal kebebasan beragama di Amerika Serikat.

“Atas nama toleransi yang disalahgunakan, warga negara jadi terhalangi untuk mengekspresikan agama mereka secara bebas dan dilindungi hukum,” kata Paus, hari Kamis (7/5/2015) waktu setempat.

Paus Fransisku lantas meminta seluruh pemimpin Kristen untuk membela kebebasan beragama dengan ‘satu suara’.

Konflik kebebasan beragama belakangan terjadi di Eropa. Di Perancis misalnya, komunitas Muslim di sana baru-baru ini menggelar protes ketika seorang anak Muslim berusia 15 tahun dipulangkan dari sekolah karena memakai rok panjang. Menurut kepala sekolah, anak ini melanggar peraturan tahun 1905 yang melarang penggunaan simbol agama di tempat umum.

Sementara di negara bagian Indiana Amerika Serikat, anggota Parlemen baru-baru ini dipaksa mengubah statuta setelah ada keluhan karena statuta itu dianggap melegitimasi diskriminasi terhadap kelompok LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transeksual). Tindakan ini memicu protes di penjuru negeri. (cruxnow.com)

  • Paus Fransiskus
  • Toleransi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!