BERITA

Di India, Jalan yang Baik Termasuk Hak Dasar Warga

"Dengan keputusan ini, warga India yang mengalami kecelakaan akibat buruknya kondisi jalan bisa mengajukan tuntutan hukum."

Di India, Jalan yang Baik Termasuk Hak Dasar Warga
Meriahnya lalu lintas di India. ANTARA FOTO

KBR - Pengadilan Tinggi di Mumbai, India memutuskan bahwa hak terhadap kondisi jalan yang baik merupakan bagian dari hak dasar warga negara. Hakim menyatakan, hak itu dijamin oleh Undang-Undang Dasar di India. Mereka mencatat banyak jalan berlubang di negara bagian Maharashtra, sehingga menyebabkan kecelakaan, hingga kematian.

Dengan keputusan ini, warga India yang mengalami kecelakaan akibat buruknya kondisi jalan bisa mengajukan tuntutan hukum untuk meminta kompensasi kepada pemerintah setempat.


Majelis hakim juga memutuskan agar pengelola jalan dan transportasi di negara bagian Maharashtra untuk memperbaiki kondisi jalan tersebut. (BBC)



Editor: Quinawaty Pasaribu 

  • India
  • Jalanan
  • Mumbai
  • Hak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!