Jamaah Muslim inggris usai Shalat idul Fitri di Central Mosque London. Foto: Antara

KBR- Dewan Muslim Perempuan mengumumkan di Inggris bakal ada masjid khusus perempuan yang bakal dibangun di Bradfrod, tempat umat Islam terbanyak di negara itu. Rencana ini bertujuan untuk menyediakan ruang bagi perempuan sehingga dapat memainkan peran yang lebih besar dalam kehidupan beragama masyarakat mereka. Peran yang dimaksud mencakup imam perempuan untuk Sholat Jumat dan pengenalan imam perempuan.

Kepala Eksekutif Dewan Muslim Perempuan Bradford Bana Gora mengatakan, "Rinciannya akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan." Sebelumnya, dia mengatakan bahwa layanan yang ditawarkan oleh masjid tidak selalu memadai untuk perempuan. "Daripada mengeluh, kami memutuskan untuk melakukan sesuatu tentang hal itu," kata Gora.

Ada hampir 2,8 juta Muslim di Inggris, yang mewakili 4,4 persen dari populasi. Abdullah Hasan dari Masjid Holborn di pusat kota London menggambarkan keputusan untuk membuat sebuah masjid untuk perempuan sebagai "sinyal penggugah bagi laki-laki." Menurut Hasan, terlalu banyak masjid dijalankan oleh laki-laki selama ini. (Huffingtonpost)

Editor: Dimas Rizky

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!