Pesawat Solar Impulse 2, diterbangkan oleh pilot uji coba Markus Scherdel, terbang diatas pantai Oahu selama uji coba terbang dari Lapangan Udara Kalaealoa di Kapolei, Hawai, Kamis (3/3). Antara Foto

KBR, Jakarta- Pesawat bertenaga surya Solar Impulse berhasil melalui penerbangan selama tiga hari melewati Samudera Pasifik. Kini pesawat yang diterbangkan menggunakan energi matahari itu mendarat di Silicon Valley, California.

Sang Pilot, Bertrand Piccard mengatakan pesawat tersebut tak bersuara dan tak menimbulkan polusi selama terbang di atas Golden Gate Bridge. Ini menjadi perjalanannya yang ke-9 dalam percobaannya mengitari dunia.

Penerbangan pertama Solar Impulse adalah dari Abu Dhabi, pada Bulan Maret, melintasi Oman, India, Myanmar, and China. Pesawat ini dilengkapi 17,000 sel photovoltaic di seluruh permukaannya. Dalam mengerjakan proyek Solar Impulse, Bertrand dan rekannya and Borschberg telah menghabiskan waktunya lebih dari sepuluh tahun. Ia yakin dapat mewujudkan sebuah pesawat yang mampu terbang selamanya. (BBC) 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!