Sepuluh Negara Pembungkam Wartawan

CJP menyatakan, negara-negara itu telah melecehkan dan memenjarakan wartawan serta menyensor internet untuk membungkam mereka.

Rabu, 22 Apr 2015 14:48 WIB

ilustrasi

KBR - Sepuluh negara masuk dalam daftar negara paling ketat yang membatasi kerja media, versi Komisi Perlindungan untuk Wartawan (CJP). Eritrea dan Korea Utara adalah dua negara teratas dalam daftar tersebut. 

CJP menyatakan, negara-negara itu telah melecehkan dan memenjarakan wartawan serta menyensor internet untuk membungkam mereka. Wartawan di sepuluh negara itu kerap menjalani hukuman penjara. 

Tiongkok, adalah negara yang paling banyak memenjarakan wartawannya yaitu sebanyak 44 orang. CJP juga melaporkan tentang Iran yang menggunakan penangkapan massal dan dilakukan tanpa landasan hukum. 

Pembungkaman kepada wartawan juga dilakukan dengan mengasingkan mereka secara paksa. 

Sepuluh negara yang paling ketat membatasi pers menurut CJP adalah Eritrea, Korea Utara, Arab Saudi, Ethiopia, Azerbaijan, Vietnam, Iran, Tiongkok, Myanmar, dan Kuba. Daftar itu merupakan bagian dari laporan tahunan Komite Perlindungan Wartawan yang akan disampaikan selengkapnya pada Senin pekan depan.

Editor: Antonius Eko 

 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

OTT di PN Jaksel, KPK Tetapkan Dua Orang Tersangka

  • DPR Akan Panggil Panglima TNI Terkait Pembelian Helikopter AW 101
  • Polres Jombang Temukan Modus Penjualan Narkoba Secara Kredit
  • Presiden AS Pilih Pertahankan Pasukan dari Afghanistan

Impor barang dari luar negeri selalu diawasi dan memiliki ketentuan, jangan sampai Anda menjadi orang yang tidak tahu ketentuan yang dimiliki Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno Hatta