BERITA

Seorang Pria Dipenjara Karena Mengotori Potret Mao

"Seorang pria dihukum penjara 14 bulan karena memercikkan tinta ke potret wajah pemimpin revolusi Komunis Tiongkok, Mao Zedong di Beijing. "

Damar Fery Ardiyan

Seorang Pria Dipenjara Karena Mengotori Potret Mao
ilustrasi

KBR - Seorang pria dihukum penjara 14 bulan karena memercikkan tinta ke potret wajah pemimpin revolusi Komunis Tiongkok, Mao Zedong di Beijing. 

Menurut suratkabar The Legal Evening News. pengadilan Beijing menghukum Sun Bing, 42 tahun, karena mengganggu ketertiban umum. Ia melakukan tindakannya di alun-alun Tiananmen, Beijing, 6 Maret lalu, saat parlemen sedang bersidang di Aula Agung Rakyat di sisi timur lapangan tersebut. 

Sun tertangkap tangan ketika melakukan tindakannya dan ia mengakui perbuatan itu di pengadilan. Tak disebutkan alasan Sun melakukan hal tersebut. Biasanya, warga Tiongkok yang memiliki keluhan berupaya menarik perhatian di alun-alun itu saat anggota parlemen sedang bersidang. 

Disebutkan bahwa Sun pernah dihukum karena penipuan kartu kredit dan bebas tahun 2013 setelah dipenjara 17 bulan. Potret Mao, pendiri partai Komunis Tiongkok, punya makna politik penting karena menegaskan dirinya sebagai pilar pemerintahan Partai Komunis di di negeri itu. (bbc)

Editor: Antonius Eko  

  • Tiongkok
  • mao zedong
  • Toleransi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!