Norwegia Tutup Siaran FM Awal 2017

Kementerian Kebudayaan Norwegia telah memastikan tanggal penutupan dan menjadikan Norwegia sebagai negara pertama yang menutup layanan radio FM untuk kemudian beralih ke layanan siaran audio digital.

Senin, 20 Apr 2015 11:05 WIB

ilustrasi

KBR - Norwegia akan segera menutup siaran radio dengan gelombang FM di negara tersebut pada awal 2017. Dikutip dari Radio.no, Kementerian Kebudayaan Norwegia telah memastikan tanggal penutupan dan menjadikan Norwegia sebagai negara pertama yang menutup layanan radio FM untuk kemudian beralih ke layanan siaran audio digital. 

Rencana ini telah diajukan oleh Pemerintah Norwegia sejak 2011. Pemerintah menilai Norwegia telah menjadi negara yang memenuhi semua persyaratan untuk secara mulus bertransisi ke siaran digital. 

Menteri Kebudayaan Thordhild Widwey menyebut, pendengar akan memiliki akses ke konten radio yang lebih beragam dengan kualitas suara yang lebih baik. Siaran Audio Digital saat ini menawarkan 22 saluran nasional dan memiliki kapasitas tambahan lebih dari 20 saluran baru. 

Angka ini tentu lebih banyak daripada gelombang FM yang hanya menawarkan 5 saluran. Selain itu, Kementerian menyebut, biaya transmisi melalui gelombang FM lebih mahal delapan kali lipat dibandingkan transmisi audio digital. 

Menurut Radio.no, sejumlah negara di Eropa dan Asia Tenggara juga sudah mempertimbangkan perpindahan ke DAB. Namun, hingga saat ini belum ada negara yang mengumumkannya secara resmi. Pemerintah Norwegia sendiri akan memulainya pada 11 Januari 2017 mendatang.

Editor: Antonius Eko 

 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas
  • Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019
  • Jokowi Perintahkan Polisi Kejar MCA sampai Tuntas

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang

Permintaan atas produk laut Indonesia untuk kebutuhan dalam negeri maupun ekspor sangat besar tapi sayangnya belum dapat dipenuhi seluruhnya. Platform GROWPAL diharapkan dapat memberi jalan keluar.