Norwegia Tutup Siaran FM Awal 2017

Kementerian Kebudayaan Norwegia telah memastikan tanggal penutupan dan menjadikan Norwegia sebagai negara pertama yang menutup layanan radio FM untuk kemudian beralih ke layanan siaran audio digital.

Senin, 20 Apr 2015 11:05 WIB

ilustrasi

KBR - Norwegia akan segera menutup siaran radio dengan gelombang FM di negara tersebut pada awal 2017. Dikutip dari Radio.no, Kementerian Kebudayaan Norwegia telah memastikan tanggal penutupan dan menjadikan Norwegia sebagai negara pertama yang menutup layanan radio FM untuk kemudian beralih ke layanan siaran audio digital. 

Rencana ini telah diajukan oleh Pemerintah Norwegia sejak 2011. Pemerintah menilai Norwegia telah menjadi negara yang memenuhi semua persyaratan untuk secara mulus bertransisi ke siaran digital. 

Menteri Kebudayaan Thordhild Widwey menyebut, pendengar akan memiliki akses ke konten radio yang lebih beragam dengan kualitas suara yang lebih baik. Siaran Audio Digital saat ini menawarkan 22 saluran nasional dan memiliki kapasitas tambahan lebih dari 20 saluran baru. 

Angka ini tentu lebih banyak daripada gelombang FM yang hanya menawarkan 5 saluran. Selain itu, Kementerian menyebut, biaya transmisi melalui gelombang FM lebih mahal delapan kali lipat dibandingkan transmisi audio digital. 

Menurut Radio.no, sejumlah negara di Eropa dan Asia Tenggara juga sudah mempertimbangkan perpindahan ke DAB. Namun, hingga saat ini belum ada negara yang mengumumkannya secara resmi. Pemerintah Norwegia sendiri akan memulainya pada 11 Januari 2017 mendatang.

Editor: Antonius Eko 

 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Ikhtiar Membentengi Anak-anak Muda Dari Radikalisme

  • Kepala Korps Brimob soal Penganiayaan Anggota Brimob Terhadap Wartawan LKBN Antara
  • Wakil Ketua KPK Laode M Syarief Soal Sikap KPK Terhadap Pansus Angket KPK Di DPR
  • Mendikbud Muhajir Effendy Soal Penerapan Sekolah Lima Hari Sepekan
  • Jadi Kepala UKP Pembinaan Pancasila, Yudi Latif Jelaskan Perbedaan dengan BP7
  • Siti Nurbaya: Lestarikan Lingkungan Perlu Kejujuran

Pecah Antrian, PT ASDP Merak Pisahkan Kendaraan Pemudik Dengan Kendaraan Niaga

  • Desa Sambirejo Timur Tolak Jenazah Pelaku Teror di Mapolda Sumatera Utara
  • Pengamat: Eks ISIS Harus Direhabilitasi Sebelum Kembali ke Masyarakat
  • Lima Hari Bertugas, Dokter Anestesi Ditemukan Meninggal Dunia

Mudik seakan menjadi rutinitas tahunan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Bagaimana kesiapan fasilitas sarana dan prasarana mudik tahun ini? Apakah sudah siap pakai untuk perjalanan pemudik?