BERITA

Australia Bakal Tarik Dubesnya di Indonesia

"Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, mengecam keras eksekusi hukuman mati di Cilacap. Dia menegaskan akan menarik duta besar australia di Indonesia. "

Damar Fery Ardiyan

Australia Bakal Tarik Dubesnya di Indonesia

KBR - Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, mengecam keras eksekusi hukuman mati di Cilacap. Dia menegaskan akan menarik duta besar australia di Indonesia, setelah proses eksekusi Myuran Sukumaran dan Andrew Chan berakhir.Keputusan ini bisa membuat hubungan diplomatik antara Indonesia-Australia terganggu. 

Sebelumnya, pejabat tinggi di Kementerian Luar Negeri Australia, Steven Ciobo juga mengutuk pelaksanaan eksekusi hukuman mati di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Ciobo melalui akunnya di Twitter menyebut pelaksanaan eksekusi ini sebagai penyalahgunaan kekuasaan. 

Dari delapan yang menjalani hukuman mati, dua di antaranya adalah dua warga negara Australia, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan, yang dinyatakan terbukti bersalah dalam kasus narkoba pada 2006. 

Sukumaran dan Chan menjadi dua warga Australia pertama yang dieksekusi sejak warga Australia lain, Nguyen Tuong Van dihukum gantung di Singapura pada 2005 dalam kasus penyelundupan heroin. (bbc) 

Editor: Antonius Eko  

  • Terpidana Mati
  • australia
  • Tony Abbot

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!