KBR - Pemimpin kelompok teroris Alqaeda, Osama bin Laden ternyata menyimpan dana senilai jutaan dolar Amerika di tempat tersembunyi di Sudan. 

Kantor Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (ODNI) baru-baru ini mempublikasikan lusinan dokumen, termasuk yang disebut sebagai surat wasiat Osama bin Laden. Surat itu disita militer Amerika Navy SEAL pada penyerbuan Osama di persembunyiannya di Abbottabad, Pakistan pada 2 Mei 2011 lalu. Meski Osama tewas dalam penyerbuan itu, ternyata Osama sudah berencana menggunakan dana itu untuk kegiatan terorisme berikutnya. 

Surat wasiat itu ditulis tangan dalam bahasa Arab. Dalam surat itu Osama menyebutkan memiliki dana 29 juta dolar atau sekitar Rp384 miliar yang disimpan di Sudan. Dalam suratnya, Osama mengatakan, uang itu diperoleh dari saudaranya Abu Bakir Muhammad bin Laden yang mengoperasikan Bin Laden Company di Sudan. 

"Aku harap, para saudaraku mematuhi wasiatku dan menggunakan uang semua uangku di Sudan itu untuk jihad...," begitu isi surat Osama.

Osama bin Laden pernah tinggal di Khartoum, ibukota Sudan selama lima tahun pada era 1990-an. 

Kantor Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (ODNI) juga mempublikasikan surat-surat Osama bin Laden, termasuk surat yang dikirim ke ayah dan istrinya beberapa waktu sebelum kematiannya. 

Editor: Citra Dyah Prastuti 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!