KBR- Kandidat calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Hillary Rodham Clinton meraup kemenangan besar pada pemilihan pendahuluan (primary) di 12 negara bagian pada Selasa kemarin waktu setempat, atau Rabu pagi WIB.

Pada pemilihan yang dikenal sebagai Super Tuesday itu, Hillary memenangkan dukungan pemilih Partai Demokrat di negara bagian Alabama, Arkansas, Georgia, Tennesse, Texas, dan Virginia.

Meski laporan suara yang masuk di beberapa negara bagian belum 100 persen, namun selisih dukungan untuk Hillary Clinton jauh mengungguli pesaingnya Bernie Sanders. Terutama di lumbung suara Texas yang memperebutkan 222 suara delegasi, Clinton meraih 122 suara delegasi, sementara Sanders hanya 48 suara.

Berkat Super Tuesday, Hillary Clinton mengumpulkan 453 suara tambahan dan total dukungan yang sudah diperoleh kini lebih dari seribu dukungan delegasi.

Jumlah itu hampir setengah dari syarat dukungan delegasi untuk meraih tiket calon presiden dari Partai Demokrat sebanyak 2,383 dukungan delegasi---dari total 3,393 suara delegasi yang diperebutkan.

Pesaingnya, Bernie Sanders meraup tambahan 284 suara delegasi, dengan total kini mendapat 371 suara.

Partai Demokrat hanya menyisakan dua kandidat calon presiden, Clinton dan Sanders.

Trump vs Cruz

Sementara itu, bakal calon presiden dari Partai Republik Donald Trump masih mengungguli para pesaingnya. Di ajang Super Tuesday, dari 595 suara delegasi yang diperebutkan, Trump meraih 203 dukungan untuk pencalonannya. Hasil ini membuat dukungan untuk Trump melonjak mencapai total 285.

Sementara pesaing terdekat Rafael Ted Cruz meraup 144 suara, terutama dari Texas ia memenangi 57 dukungan delegasi dari 155 suara yang diperebutkan. Kini Cruz memperoleh 161 suara dukungan delegasi.

Untuk meraih tiket ke pencalonan presiden dari Partai Republik, Trump atau Cruz harus memperoleh minimal 1,237 suara dukungan delegasi untuk menantang calon presiden dari Partai Demokrat.

Untuk pemilihan kandidat dari Partai Demokrat, bulan Maret termasuk masa krusial, karena ada sejumlah negara bagian yang memiliki jumlah delegasi cukup banyak untuk diperebutkan Hillary Clinton dan Bernie Sanders.

"Lumbung-lumbung suara" Demokrat diantaranya Michigan dengan 130 delegasi (pada 8 Maret). Pada 15 Maret mendatang, juga akan ada Super Tuesday jiLid dua,  pemilihan pendahuluan digelar di Florida dengan 214 delegasi, Illinois dengan 156 delegasi, Carolina Utara dengan 107 delegasi dan Ohio dengan 143 delegasi. Berikutnya, pada 26 Maret, pemilihan di Washington dengan 101 delegasi.

Sementara bagi kandidat Partai Republik, Donald Trump dan para pesaingnya akan bersaing meraih kemenangan di lumbung suara di Michigan dengan 59 delegasi pada pemilihan 8 Maret. Super Tuesday jilid dua bakal terjadi pada 15 Maret di Florida untuk memperebutkan 99 delegasi dari Partai Republik, Illinois dengan 69 delegasi, Missouri dengan 52 delegasi dan Carolina Utara dengan 72 delegasi pada 15 Maret. (AP/BBC/NBC)

Editor: Rony Sitanggang

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!