KBR - Presiden Tiongkok Xi Jinping berada di Iran untuk mengkaji perluasan hubungan diplomatik dan ekonomi kedua negara. Lawatan Presiden Xi Jinping ini  merupakan lawatan pertama seorang presiden Tiongkok ke Iran dalam 14 tahun terakhir. Sabtu waktu setempat, Xi mengadakan pertemuan dengan Presiden Iran Hasan Rouhani.

Xi Jinping memutuskan untuk mengubah hubungan kedua negara menjadi hubungan timbal balik yang lebih strategis dan pada isu-isu yang mempersatukan. Iran dan Tiongkok diperkirakan akan menandatangani 17 perjanjian untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang ekonomi, industri, kebudayaan dan kehakiman.

Tiongkok memainkan peran penting dalam upaya internasional untuk mencabut sanksi-sanksi terhadap Iran sebagai imbalan penurunan aktivitas program nuklir Iran. (VoA)

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!