KBR - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjanji meningkatkan taraf hidup rakyatnya. 

Dalam pidato Tahun Baru di Pyongyang, hari ini Jumat (1/1/2016), Kim mengatakan dia akan melonggarkan beberapa peraturan terkait pertanian dan perusahaan negara serta menciptakan puluhan zona ekonomi khusus. 

Pyongyang memang tidak pernah merilis data ekonomi resmi, namun Bank Sentral Korea Selatan mengatakan perekonomian Korut meningkat 1 persen di tahun 2014. Kendati demikian, negara itu masih miskin, dengan pemasukan nasional hanya 2,3 persen dari total pemasukan Korsel. 

Pidato pemimpin Korut sangat jarang sekali dilakukan. Suara Kim Jong Il hanya disiarkan sekali di stasiun televisi, dan tidak pernah lagi melakukan pidato publik selama 17 tahun memimpin. Selama bertahun-tahun, pidato pemimpin Korut hanya ditampilkan tertulis di koran pemerintah. 

Editor: Citra Dyah Prastuti

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!