Nova Terlihat dengan Mata Telanjang di Alpha dan Beta Centauri

KBR68H, Jakarta

Rabu, 04 Des 2013 10:39 WIB

nova, centauri, mata telanjang

KBR68H, Jakarta – Ledakan nuklir kataklismik atau dikenal dengan sebutan nova terlihat dengan mata telanjang di magnitude kelima sebelah barat Alpha dan Beta Centauri. Fenomena ini dilihat oleh pemburu nova John Seach di Australia pada 2 Desember lalu.

Dia melihat nova dengan menggunakan kamera DSLR di magnitude 5,5. Malam berikutnya, pada 3 Desember, Ernesto Guido, Nick Howes dan Martino Nicolini menggunakan teleskop 20 inchi untuk melihat dengan jelas gambar tersebut. Ketika itu, sejumlah pengamat antariksa mengungkapkan fenomena penampakan nova terjadi pada magnitude 4,7 atau 4,6 dan spectrum memperlihatkan garis emisi hydrogen yang kuat dari nova.

Apakah cahaya yang dipancarkan oleh nova tersebut masih tetap terang? Apabila anda berada di lintang selatan, anda bisa melihat sendiri cahaya dari nova tersebut. Dengan kenaikan 13 jam, 54 menit dn 45 detik serta penurunan 59 09.1, nova terlihat berada di tengah-tengah lokasi yang sebelumnya adalah bintang magnitude 15. (www.skyandtelescope.com)

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

MKD DPR: Kalau Ada yang Bilang 'DPR Rampok Semua', Bisa Kami Laporkan ke Polisi

  • Kapolri Ancam Copot Pejabat Polri di Daerah yang Gagal Petakan Konflik Sosial
  • Impor Garam 3,7 Juta Ton, Susi: Bukan Rekomendasi KKP
  • Kapolri: 2018 Indonesia Banyak Agenda, Mesin Makin Panas
  • Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

Wakapolri Tegaskan Tak Ada Pengamanan Khusus terkait Rencana Kembalinya Rizieq

  • JK Bantah Asian Games 2018 Kekurangan Dana
  • 5 Kecamatan di Karo Gelap Gulita Akibat Erupsi Sinabung
  • Netanyahu Kecam Pernyataan PM Polandia Soal Dalang Holocaust

Tidak lama lagi kita akan merayakan pesta rakyat yang diadakan setiap 5 tahun sekali. Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden yang jatuh pada tahun 2019.