cina, ekspedisi, robot, luar angkasa

KBR68H, Washington - Cina peluncuran ekspedisi robot pertama ke permukaan bulan telah sukses.

Pesawat ekpedisi antariksa ke bulan, Chang'e-3, yang juga membawa kendaraan penjelajah "Jade Rabbit", diluncurkan Senin pagi dari PusatPeluncuranSatelitXichang di Provinsi Sichuan, Tiongkok barat-daya.

Pesawat ekspedisi itu dijadwalkan mendarat di bulan pada pertengahan Desember untuk menjelajah permukaan bulan dan mencari sumber daya alam. Cina bertujuan menjadi negara ketiga yang melakukan ekpedisi penjelajahan ke bulan, setelah Amerika dan negara bekas Uni Soviet meluncurkan ekpedisi mereka puluhan tahun lalu.

Morris Jones, analis antariksa Asia independen yang bepusat di Australia, mengatakan misi ini, dalam banyak hal, merupakan misi paling ambisius Cina.

Pendaratan di bulan itu rumit. Bulan merupakanmedan yang cukup berbahaya. Tidak ada astronot di dalam pesawat antariksa itu, sehingga dibutuhkan kecanggihan komputer pesawat untuk mengarahkannya mendarat dengan aman,”ujarnya.

Pesawat antariksa itu diperkirakan dapat mendarat "perlahan" di bulan, dimana Uni Soviet berhasil melakukannya pada tahun 1976. Pendaratan "keras" lebih mudah, dan Cina melakukan pendaratan “keras” di bulan pada 2009. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!