winamp, petisi

KBR68H-  Layanan pemutar media, Winamp yang telah beroperasi selama lebih dari 15 tahun itu akan menghilang per 20 Desember mendatang.  AOL menyerah pada media player yang diakuisisi dari Nullsoft, perusahaan pembuat Winamp pada tahun 1999 itu. Banyak yang kaget mendengar kabar ini, bahkan tak sedikit yang tidak rela harus kehilangan Winamp.  Winamp layak untuk dipertahankan. Winamp telah menjadi bagian legendaris software yang bertanggung jawab atas revolusi musik digital.

Seakan tak rela jika Winamp hanya akan menjadi kenangan, sejumlah pengguna mengumpulkan petisi untuk mencegah Winamp hilang dari peredaran. Petisi yang dilempar oleh  Peter Z dari Melbourne, Australia itu mengajak pengguna lainnya menyelamatkan Winamp dengan menandatangani petisi. Mereka menuntut agar AOL membuka sumber kode Winamp atau open source. 

Open source adalah istilah untuk software yang kode programnya disediakan oleh pengembangnya untuk umum agar dapat dipelajari cara kerjanya, diubah atau dikembangkan lebih lanjut, dan disebarluaskan.  

"Jika AOL memungkinkan untuk open source, maka Winamp akan hidup selamanya dan berada di tangan orang-orang yang mencintai dan menggunakannya setiap hari. Harap membantu dengan meminta AOL untuk memungkinkan perangkat lunak ini menjadi open source. Dengan menandatangani petisi ini Anda membuktikan kepada AOL bahwa Winamp memiliki lebih banyak pendukung. Winamp adalah media player terbaik yang pernah dibangun. Hal ini tidak bisa dibiarkan mati.  Winamp harus tetap ada.,"demikian salah satu petikan bunyi petisi tersebut.

Saat berita ini ditulis, sudah terkumpul 6.116 tandatangan petisi dari target 7500 tandatangan. Jika Anda ingin turut menyelamatkan Winamp, dapat mengisi petisi, disini. 

Winamp pertama diluncurkan oleh Justin Frankel pada tahun 1996. Pemutar media buatan Nullsoft memutuskan menghilang, namun  belum diketahui alasan dibalik keputusan tersebut.

"Winamp.com dan layanan web terkait tidak akan tersedia setelah 20 Desember 2013. Selain itu, Winamp Media player tidak akan lagi tersedia untuk di-download. Silahkan download versi terbaru sebelum tanggal tersebut.  Terima kasih atas dukungan terhadap Winamp selama lebih dari 15 tahun,"demikian pengumuman resmi Winamp lewat situs resminya.

Pada tahun 2005, Winamp berkembang dari 33 juta pemakai bulanan sampai lebih 57 juta pengguna bulanan. Bahkan Winamp menjadi aplikasi pemutar media yang paling aktif kedua setelah Windows Media Player.Setelah bertahun-tahun mengalami kesulitan, Winamp merilis versi Android dan Mac pada tahun 2010 dan 2011, namun hal itu dianggap terlambat.

Jika Anda tidak tahan untuk meninggalkan masa lalu , Anda masih memiliki waktu satu bulan lagi untuk men-download winamp media player secara gratis sebelum layanan ini masuk dalam catatan sejarah.


Baca juga: Setelah 15 Tahun, Winamp Resmi Tutup per Desember


Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!