Penjualan Komputer Anjlok, Kalah Bersaing dengan Tablet

KBR68H

Kamis, 10 Okt 2013 09:47 WIB

penjualan komputer, tablet, telepon pintar

KBR68H – Penjualan komputer memperlihatkan grafik yang terus menurun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan perusahaan Gartner, penjualan komputer di seluruh dunia dalam tiga bulan terakhir hingga September lalu anjlok 8,6 persen dibandingkan tahun lalu.

Total Personal Computer (PC) yang dijual selama Juli hingga September sebanyak 80,3 juta unit. Dalam enam kuartal beruntun, penjualan komputer terus turun. Popularitas tablet dan juga telepon pintar membuat konsumen mulai meninggalkan komputer. Penyebab lain adalah turunnya harga jual tablet yang memberikan dampak besar terhadap penjualan komputer.

“Konsumen mulai beralih dari PC ke tablet dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tren ini juga terjadi di negara berkembang,”kata Mikako Kitagawa, analis di Gartner.

Kata Kitagawa, tablet Android yang dijual dengan harga tidak terlalu mahal menarik minat konsumen di negara berkembang. Penelitian yang dilakukan IDC juga menunjukkan hal yang sama yaitu penjualan PC turun 7,6 persen menjadi 81,6 juta. Gartner dan IDC menggunakan metode yang berbeda dalam menghitung penjualan komputer di seluruh dunia.

IDC menilai, penurunan penjualan komputer akan terus berlanjut hingga tahun depan. Perekonomian sejumlah negara yang masih lemah dan juga semakin selektifnya konsumen dalam membeli perangkat teknologi akan mempengaruhi penjualan komputer. (BBC)

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

  • Bagi-Bagi Kopi di Filosofi Kopi 2
  • (Wawancara) Batal Temui Luhut, Senator Australia Kecewa
  • PDIP: Jika Tak Kompak Dukung Pemerintah, Silakan PAN Keluar Dari Koalisi
  • Indonesia Turki Sepakati Perangi Terorisme Lintas Negara
  • Alasan Polisi Hentikan Kasus Kaesang

DPR Sahkan UU Pemilu, Jokowi : Sistem Demokrasi Berjalan Baik

  • Gerindra Yakin MK Batalkan Pasal Pencalonan Presiden di UU Pemilu
  • UU Pemilu Untungkan Jokowi
  • Hampir Empat Bulan, Jadup Banjir Aceh Tenggara Belum Cair

Perkawinan anak dibawah usia minimal, menjadi hal memprihatinkan yang seharusnya menjadi perhatian dari pemerintah apabila benar-benar ingin melindungi anak-anak sebagai generasi penerus Bangsa.