iPhone, whatsapp, gratis, kakaotalk, line

KBR68H – Aplikasi pesan gratis di dunia selular semakin marak, mulai dari Line, KakaoTalk, WeChat, Path hingga Facebook Messenger. Aplikasi tersebut sangat terkenal di Asia dan Eropa. Namun, ada satu aplikasi yang paling mendominasi dalam urusan pesan di dunia seluler.

Aplikasi tersebut adalah WhatsApp. Kini, pengguna iPhone sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut secara gratis. Sebelumnya, pengguna produk keluaran Apple itu harus membayar 0,99 dolar untuk menggunakan WhatsApp. CEO Apple Jam Koum sebenarnya sudah membocorkan rencana menggratiskan WhatsApp di iPhone beberapa bulan lalu.

Namun, WhatsApp gratis ini hanya untuk pengguna baru iPhone dan berlaku selama satu tahun pertama. Selanjutnya pengguna akan dikenai biaya Rp 9.500 per tahun.

Kebijakan baru dari Apple ini membuat iPhone bisa berdiri sejajar dengan platform lain seperti Android, BlackBerry, Nokia dan Windows Phone yang menggratiskan penggunaan WhatsApp.

Model bisnis aplikasi dengan cara berbayar merupakan sebuah model lama ketika para pengembang menjual produknya dengan dibayar dimuka. Namun, pola seperti itu mulai ditinggalkan seiring dengan perjalanan waktu. Makin banyak aplikasi yang bisa digunakan gratis namun dengan sejumlah fitur berbayar.

Aplikasi Line yang dibuat oleh perusahaan Jepang berhasil meraup USD 58,9 juta pada kuartal pertama tahun ini dari penjualan stiker dan fitur berbayar. Hal yang sama juga ditiru Path dan Facebook Messenger. WhatsApp diluncurkan pada 2009 dan menjadi salah satu aplikasi pesan yang populer dan mengalahkan pesan pendek atau SMS. WhatsApp mendominasi pasar di Eropa dan juga India.

Belum lama ini, WhatsApp mengungkapkan bahwa mereka lebih besar dari Twitter dengan 200 juta aktivitas, 10 miliar pesan terkirim dan 17 miliar pesan diterima dalam satu hari. WhatsApp adalah aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan anda untuk mengirim pesan tanpa harus membayar seperti SMS.

WhatsApp bisa digunakan oleh pengguna iPhone, Android dan Nokia. Aplikasi ini menggunakan data internet yang sama dengan yang digunakan untuk membuka surat elektronik dan juga internet di telepon selular. Dengan demikian, penggunaan aplikasi ini tidak mengeluarkan biaya tambahan. (Techcrunch)

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!