paus fransiskus, lampedusa, miskin, pastor, mewah

KBR68H-  Paus Fransiskus membuktikan janjinya untuk selalu lebih dekat kepada kaum papa setelah memegang tampuk pemimpin umat Katholik sedunia. Kemarin, Paus  menyambangi ribuan pengungsi di pulau Lampedusa. Dalam kunjungan resmi pertamanya di luar Roma, Paus mendoakan ribuan migran yang telah meninggal ketika berusaha menyeberang ke Italia untuk membentuk kehidupan yang lebih baik.

Kunjungan kali ini menjadi salah satu bukti Paus Fransiskus yang menginginkan agar Gereja Katolik, bertransformasi menjadi gereja sederhana yang hadir untuk orang-orang miskin.

Ribuan spanduk melambai menyambut Francis di pelabuhan di mana ia tiba. Paus kemudian meletakkan karangan bunga untuk mengenang ribuan migran dari Afrika yang telah meninggal karena kapalnya tenggelam ketika dalam perjalanan menuju pulai Sisilia. Pulau yang terletak di ujung paling selatan Italia itu menjadi pintu gerbang bagi ribuan imigran Afrika yang lari akibat kesulitan ekonomi dan konflik di negaranya.

Selama misa di lapangan olahraga utama Lampedusa, Paus  mengecam para penyelundup yang mengambil keuntungan dari kemiskinan para migran untuk memperkaya diri sendiri dengan mengangkut mereka ke Italia menggunakan kapal yang penuh sesak.

Setelah terpilih menjadi Paus Gereja Katolik yang ke-266, Paus Fransiskus memang kerap menyuarakan tentang kemiskinan. Sabtu lalu, dia bahkan menyentil para pastor dan biarawati yang kerap menggunakan mobil mewah yang mencolok. Paus asal Argentina ini mengingatkan kembali agar pelayan Tuhan memilih sesuatu yang menunjukkan kerendahan hati dibandingkan kemewahan.

Sebagai bagian dari upaya untuk membuat Gereja Katolik  fokus pada kaum miskin, Fransiskus mengatakan kepada pastor dan biarawati di seluruh dunia untuk meninggalkan smartphone terbaru atau aksesori fashion mewah lainnya. 

"Ini menyakitkan, ketika saya melihat seorang imam atau biarawati dengan mobil model terbaru, Anda tidak bisa melakukan ini. Mobil memang diperlukan untuk membantu pelayanan, tapi tolong, pilihlan mobil yang sederhana, yang menunjukkan kerendahan hati kita," katanya.

"Jika Anda suka yang mewah, coba pikir berapa banyak anak yang mati kelaparan di dunia,"katanya.

Paus Fransiskus memang telah menerapkan gaya hidup sederhana. Selama ini dia hanya menggunakan mobil dinas Ford Focus. Dia juga menolak menggunakan pakaian mewah,dan memilih salib besi dan bukan emas. Tak hanya itu, Paus juga menolak untuk pindah ke apartemen yang ditempati oleh pendahulunya Paus Benediktus XVI.(dailymail)

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!