nokia, lumia, microsoft

KBR68H – Keuntungan operasional perusahaan telekomunikasi Finlandia, Nokia turun 33 persen pada triwulan ketiga tahun ini. Selama Juli-September, keuntungan Nokia sebesar $300 juta atau sekitar Rp3,3 miliar.
 
Meski keutungan operasional turun, Nokia memprediksi akan mengalami peningkatan keuntungan pada triwulan terakhir tahun ini dari 8,4 persen menjadi 12 persen.

Penjualan Nokia Lumia naik 19 persen menjadi hamper 9 juta unit. Rencananya, divisi telepon di Nokia akan dijual tahun depan kepada Microsoft. Perusahaan raksasa teknologi Amerika itu membayar 5,4 miliar euro untuk kesepakatan tersebut.

Sementara itu, penjualan telepon genggam Nokia juga naik 4 persen menjadi 55,8 juta unit. Keuntungan operasional inti Nokia turun dari 324 juta euro pada tahun lalu. Mulai tahun depan, Nokia tidak lagi terlibat dalam bisnis telepon genggam dan dialihkan kepada Microsoft.

Sekita 32.000 karyawan Nokia juga akan pindah ke Microsoft. Nokia sudah tertinggal jauh dibandingkan Samsung dan Apple. Sementara itu, analis menilai Microsoft lambat untuk masuk pasar telepon genggam sebelum akhirnya memutuskan membeli Nokia. (BBC)



Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!