tentara amerika, baju besi, iron man

KBR68H – Militer Amerika tengah mengembangkan baju besi pintar yang bisa memberikan kekuatan super kepada pemakainya.  Pembuatan baju besi seperti yang digunakan superhero Iron Man itu tengah dibuat di laboratorium pemerintah yang dikerjakan oleh akademisi dan dibantu oleh perusahaan industry teknologi.

Rangka eksternal yang memungkinkan tentara untuk membawa barang yang lebih besar sudah pernah diuji coba oleh tentara Amerika. Baju besi pintar itu diberi nama The Tactical Assault Light Operator Suit (Talos). Kostum itu nantinya akan tersambung dengan computer seperti Google Glass.

Talos bisa memonitor suhu tubuh pemakai, detak jantung dan juga tingkat hidrasi. Rangka eksternal kostum itu akan diikat di bahu dan paha dan akan menggunakan hidrolik untuk menigkatkan kekuatan.
“Kostum ini merupakan gabungan antara rangka eksternal dengan baju besi yang inovatif serta bisa menampilkan monitor kekuatan, kesehatan dan juga senjata,”kata Letnan Kolonel Karl Borjes, salah satu penasihat peneliti.

Militer Amerika mengklaim, belum ada satu industry pun yang bisa membuat kostum seperti Iron Man tersebut. Untuk menciptakan Talos,militer Amerika meminta bantuan akademisi dan industri swasta untuk membuat proyek itu di laboratorium milik pemerintah Amerika.

Selain itu, ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology juga akan dilibatkan dalam proyek pembuatan baju besi super ini. Saat ini, tim dari MIT tengah merancang baju besi yang terbuat dari cairan. Kostum tersebut akan berubah menjadi solid setelah diaplikasikan dengan aliran listrik atau magnetic. (BBC)

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!