google, keuntungan, 33 triliun

KBR68H – Keuntungan yang diraih Google dalam tiga bulan yaitu Juli-September melebihi ekspektasi. Setelah sempat turun pada tiga bulan sebelumnya, keuntungan Google pada tiga bulan tersebut sebesar $2,97 miliar atau hamper Rp33 triliun. Namun, cost per click atau biaya yang harus dibayar pengiklan untuk menempatkan iklannya di Google turun 8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Saham Google juga mencapai titik tertinggi yaitu $941,25 atau naik 6 persen. Menurut bos Google Larry Page, Google tengah mengalami kuartal yang kuat dengan kemajuan produk yang sangat bagus. Secara keseluruhan, klik berbayar naik 28 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan naik 8 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Anak perusahaan Google yaitu Motorola masih menjadi beban bagi perusahaan itu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Meski sudah meluncurkan Moto X pada Agustus lalu, Motorola masih membuat Google rugi $248 juta.

Larry Page mengungkapkan, penggunaan telepon genggam merupakan yang paling dominan. Menurut dia, 40 persen pengguna membuka YouTube dari mobile phones. Dua tahun lalu, jumlah tersebut baru mencapai 6 persen. Saat ini, Google masih menerapkan biaya yang lebih rendah untuk iklan di mobile dibandingkan iklan di browser. Itulah yang membuat biaya per klik turun meski penjualan iklan meningkat. (BBC)

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!