Jangan Letakkan TV dan Komputer di Kamar Anak

KBR68H - Televisi dan komputer seharusnya tidak berada di dalam kamar tidur anak. Karena, barang elektronik tersebut dapat mengganggu tidur, menimbulkan masalah pada memori dan nilai yang rendah di sekolah.

Selasa, 01 Okt 2013 11:27 WIB

tv, komputer, kamar anak, penelitian

KBR68H - Televisi dan komputer seharusnya tidak berada di dalam kamar tidur anak. Karena, barang elektronik tersebut dapat mengganggu tidur, menimbulkan masalah pada memori dan nilai yang rendah di sekolah.

Menurut para ilmuwan, tidur adalah sesuatu yang penting bagi anak-anak sebelum remaja, yang ingin mencapai pubertas. Seorang peneliti dari Finlandia menanyai sebanyak 353 anak dari umur 10-11 tentang kebiasaan menonton televisi dan komputer, kebiasaan tidur mereka, dan kemudian menanyakan hal yang sama kepada mereka 18 bulan kemudian.

Semakin banyak anak bermain komputer atau menonton televisi, semakin telat mereka untuk tidur. Mereka juga kurang tidur saat hari sekolah. Mempunyai televisi atau komputer di kamar tidur mengganggu seorang anak laki-laki, seperti yang dilaporkan di dalam jurnal dari BMC Public Health.

Peneliti Teija Nuutinen dari University of Helsinki mengatakan, perangkat elektronik seharusnya tidak berada dalam kamar tidur anak, dan dia menambahkan,” Anak-anak butuh tidur yang ekstra untuk mencapai pubertas mereka, tetapi studi kami menemukan jika penggunaan televisi dan komputer mempengaruhi tidur dari anak-anak.”

“Perilaku menggunakan media harus diperhatikan pada anak-anak yang lelah dan sulit berkonsentrasi, atau memiliki masalah perilaku akibat dari kurang tidur.”ujarnya. (Dailymail)

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

Moratorium Reklamasi, Menteri Siti : Pulau C dan D Kurang Satu Syarat, Pulau G Dua Syarat

  • Adik Bos First Travel Ikut Jadi Tersangka
  • Penembakan Deiyai, Tujuh Anggota Brimob dan Kapolsek Akan Jalani Sidang Etik Pekan Depan
  • Tuntut Pembatalan Perppu Ormas, Ratusan Orang Demo DPRD Sumut

Dalam Perbincangan Ruang Publik KBR kali ini, kita akan punya 5 topik utama, penasaran? ikuti perbincangan Ruang Publik KBR