Apple Mulai Kejar Ketertinggalan dari Samsung

KBR68H - Apple berupaya membuat smartphone dan tablet dengan layar yang lebih besar.

Selasa, 01 Okt 2013 11:27 WIB

aple, samsung, tablet, smartphone

KBR68H - Apple berupaya membuat smartphone dan tablet dengan layar yang lebih besar. Analisis mengungkapkan ini merupakan upaya untuk mengejar ketinggalan dengan tren yang dibuat oleh rival utamanya, Samsung.

Samsung, yang telah merilis serangkaian handset dan tablet dengan layar yang semakin besar, telah melihat meraih peningkatan pangsa pasar global dengan mengundang konsumen berduyun-duyun beralih kepadanya. INi menempatkan Apple di bawah tekanan.

Belum diketahui apakah desain smartphone dan tablet dengan layar yang lebih besar itu akan membawa Apple merajai pasar. Namun, analis mengatakan smartphone dengan display yang lebih besar semakin populer karena memenuhi kebutuhan pengguna.

Raksasa teknologi California tersebut sedang menguji layar smartphone lebih besar dari empat inci dan layar tablet sekitar 13 inci.

"Desain tersebut cenderung digunakan orang untuk mengakses aplikasi daripada melakukan panggilan telepon," kata Kuo Ming-chi, Penasihat Investasi KGI Securities Co. yang berbasis di Taipei, kepada AFP.

Saat ini, iPhone 5 memiliki layar empat inci, lebih kecil dibandingkan dengan S4 Samsung yang memiliki layar lima inci. Handset semacam ini sering disebut sebagai "phablets" karena ukuran mereka di antara telepon dan tablet.

Dengan menawarkan beberapa pilihan ukuran layar dan harga, Samsung telah melihat pangsa pasar mereka naik 33,1% dalam tiga bulan (sampai Maret), sementara Apple tertinggal dengan 17,9 persen, menurut penelitian Strategy Analytics.

Selama periode tiga bulan yang sama, Samsung juga menyaksikan pasar tablet global yang membuat sahamnya menjadi 17,9 %, naik dari 11,3% tahun lalu. Sementara pangsa pasar Apple menukik ke 39,6%, penurunan tajam dari 58,1% tahun sebelumnya.

Kuo mengatakan perbaikan baterai agar tahan lama dan prosesor teknologi mutakhir semestinya dapat dilakukan. "Menampilkan (layar) lebih besar berarti semakin besar konsumsi daya. Tapi mengubah dengan baterai yang lebih besar dan peningkatan teknologi pembuatan chip yang membuat konsumsi energi lebih efisien," katanya.

Kuo menambahkan, Apple juga dapat mencoba layar yang lebih besar untuk produk tablet guna memenuhi permintaan pengguna yang bekerja dengan gadget mereka.

"Tapi sekali lagi, tablet dengan layar lebih besar mungkin terlalu berat untuk dibawa untuk beberapa pengguna. Hal itu patut dipertimbangkan," kata dia.

iPad saat ini memiliki layar 9,7 inci, sementara iPad Mini dengan layar 7,9 inci. (Channelnewsasia)

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

KPK Periksa Saksi Meringankan Setnov Pekan Depan

  • Polda Metro Rilis 2 Sketsa Terduga Penyerang Novel
  • Polda Papua Akui Ada Perintah Tembak di Tempat di Tembagapura
  • Pemprov Akan Pelajari Investigasi Ombudsman

Program diharapkan dapat mendukung ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan di daerah masing-masing