video, youtube, inspiring, steve jobs

KBR68H - Mungkin anda berpikir bahwa Youtube hanya berisi video-video yang lucu, tetapi terdapat  video-video yang akan mengisi otak anda daripada sekedar hal-hal konyol. Ada banyak video-video terbaik yang dapat meregangkan otot mental anda. Terdapat variasi tema dari video-video ini, tetapi dijamin, semua video dibawah ini akan membuat anda melihat dunia dengan sedikit berbeda.

1.Randy Pausch: The Last Lecture: Achieving Your Childhood Dreams

Meskipun serial “The Last Lecture” di Carnegie Mellon University bertema tentang kira-kira apa kuliah terakhir sang professor, untuk Randy Pausch, yang didiagnosa mengidap penyakit kanker terminal, ini merupakan kuliah terakhirnya. Tetapi jangan berpikir video ini penuh dengan depresi karena ia sedang sekarat; ia seorang yang humoris yang akan mengembangkan senyum di wajah anda selagi anda menonton ucapannya yang inspirasional, tentang bagaimana menjalani hidup sepenuhnya.

Cerita tentang kenangan Pausch, kuliahnya ini berfokus pada pencapaian impian masa kecil seseorang dan, bahkan lebih baik, bagaimana membantu orang lain mencapai impian mereka. Video ini berdurasi lebih dari satu jam, namun layak ditonton.

2.Steve Jobs: Stanford Commencement Address

Beberapa tahun sebelum kematiannya, CEO Apple ini memberikan pidatonya pada acara wisudadi Stanford University. Dalam pidatonya, ia bercerita tentang hidupnya: dikeluarkan dari kampusnya setelah 6 bulan kuliah, tidak dapat melihat nilai uang dengan menghabiskan semua tabungan orang tuanya. Dia tidak tahu bagaimana itu bisa terjadi, tetapi ia berharap semua akan baik-baik saja dan menjadikannya seorang yang berhasil.


Pesannya tentang percaya pada diri sendiri dan mengikuti jalur hidup sesuai dengan keinginan adalah pidato yang penuh humor dan kedalaman. Video sekitar 15 menit yang tidak bisa dilewatkan.

3.Susan Cain: The Power of Introverts

Kita hidup di dunia yang tidak selalu melayani kebutuhan seorang introvert -  tipe kepribadian yang cenderung lebih tenang daripada hingar bingar, terisolasi di balik sosialisasi. Cain, seseorang yang introvert dan seorang penulis buku “Quiet: The Power of Introverts” ini, menyuguhkan pemikiran dan argumen yang provokatif yang mengesankan bahwa seorang introvert juga memiliki banyak hal yang dapat ditawarkan kepada orang lain, yakni masyarakat extrovert.

Termasuk salah satu diskusi TED yang terpopuler, video yang berdurasi kurang dari 20 menit ini mungkin akan membuat anda melihat sisi lain dari diri sendiri atau orang disekitar anda.

4.Hans Rosling: Stats that Reshape Your World-View

Anda mungkin berpikir bahwa statistik adalah sesuatu yang benar-benar membosankan, namun kuliah yang disampaikan pengajar Swedia, Hans Rosling, menjelaskan bahwa dunia ini berjalan melalui statistik. Dengan menggunakan animasi, diagram, dan komentar-komentar selayaknya komentator profesional, Rosling membawa subjek di dalam hidup yang akan mengubah cara pandang anda terhadap dunia dan apa yang anda anggap benar sebelumnya. Video 20 menit ini merupakan bincang-bincang TEDtalk yang populer lainnya.

5.Clifford Stoll: The Call to Learn

”Saat saya melakukan satu hal, saya ingin melakukan yang lain,” jelas Clifford Stoll di dalam kuliah animasi ini. Stoll adalah seorang astronom, tetapi mungkin lebih dikenal sebagai hacker Markus Hess pada 1986, salah satu contoh awal forensik digital. Selama 18 menit video TEDtalk, di mana Stoll menyerupai seorang ilmuwan gila, ia mengungkapkan sangat banyak ketertarikan dirinya dan kasus-kasus pembelajaran hidupnya.

6.Eli Pariser: Beware Online “Filter Bubbles”

Tidak tahu apa itu filter bubble? Filter bubble adalah fenomena unik di era internet di mana kepentingan dan preferensi kita menyesuaikan jenis konten yang kita lihat di search engine dan saluran sosial. Selagi hal ini dianggap membantu dalam mengarahkan kita kepada informasi yang relevan untuk kita, Eli Pariser menjelaskan bahwa hal ini dapat mencegah kita melihat dari sudut pandang yang berlawanan.

7.Sheryl Sandberg: Why We Have too Few Women Leaders

CEO Facebook, Sheryl Sandberg dikenal sebagai pemimpin bisnis yang menyuarakan isu tentang wanita di tempat kerja. Jadi, bukan sesuatu yang mengejutkan dikala ia berargumen selama 15 menit tentang mengapa kita memerlukan pemimpin wanita di dunia ini. Ia juga memberikan pesan kepada wanita tentang pekerjaan dan pesan kepada semua anak perempuan pula.

8.Matt Cutts: Try Something New for 30 Days

Pernahkah anda ingin mencoba sesuatu yang baru, tetapi kesulitan untuk tetap menjalankannya? Atau lebih buruk, bermasalah untuk memulainya? Master Google search Matt Cutts, memotivasi anda untuk mencoba kebiasaan baru untuk 30 hari; andan akan tercengang  akan hal-hal kecil yang dapat anda kerjakan setiap harinya! Berdurasi 3-3,5 menit, jangan lewatkan video ini.

9.Adam Savage: My Obsession with Objects and the Stories They Tell


The Mythbusters, Adam Savage, berkuliah selama 16 menit di mana ia berbicara tentang kegandrungan untuk mengumpulkan benda; dapat dibilang terobsesi atau obsesif. Penjelasan panjang lebar tentang kerangka Dodo Bird dan Maltese Falcon, Anda akan belajar banyak tentang perhatian intens Savage terhadap detail dan mengajak kita semua mengumpulkan hal-hal yang kita cintai.

10.Roger Ebert: Remaking  My Voice

Last but not least, ini adalah diskusi yang sangat mengesankan. Setelah bergelut dengan penyakit kanker, Roger Ebert kehilangan rahang dan suaranya, tetapi tidak dapat membuatnya tetap diam. Dengan pertolongan komputer dan beberapa teman dekatnya, Ebert menjelaskan bagaimana ia mendapatkan kembali kemampuannya untuk berbicara. Selagi anda berpikir bahwa ini mungkin presentasi yang membosankan, justru kata-kata dan ekspresinya membuat video ini sangat menarik. Jika anda mempunyai waktu 20 menit untuk menonton salah satu video, pilihlah video ini. (TIME)

Editor: Doddy Rosadi


Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!