Sarongge, Festival Sarongge

Ingin punya liburan yang bermakna? Menghirup udara segar sambil menjaga lingkungan? 


Kalau ya, maka kosongkanlah agenda Anda di tanggal 27-28 September 2014 mendatang ya untuk ikut Festival Sarongge. Festival ini adalah pesta rakyat untuk bersyukur atas limpahan anugerahNya soal keselarasan alam dengan manusia, agama, adat budaya dan kearifan lokal. 


Di Festival Sarongge tahun ini, Anda bisa mengenal potensi Kampung Sarongge yang terletak di Desa Ciputri, Cianjur, Jawa Barat ini. Di bazar, misalnya, Anda bisa menikmati makanan dan minuman khas Sunda seperti bakecrot, tutug sangu, gegeplak, beleketek dan lainnya, hasil produksi kelompok ibu-ibu Sarongge. 


Di Sabtu pagi, Anda bisa memulai hari dengan karnaval budaya, dari Kampung Ciherang sampai perkebunan the Sarongge. Iring-iringan juga akan diwarnai atraksi budaya, komunitas penggemar domba adu dan lainnya. Ada juga ngarawat ngaruat cai, yaitu upaya memelihara gua sumber air dan kearifan lokal. 


Kalau tertarik ikutan lomba, Anda bisa mengajak anak-anak untuk menjajal kemampuan Anda berbahasa Sunda dengan lomba pupuh dan aksara Sunda. Yang seru, aka nada juga pentas adu domba yang diikuti 100 ekor domba lho!


Simak juga acara lain yang bisa Anda pilih dan ikuti yuk pada 27-28 September 2014 nanti:


1. Rainforest Track: menginap di camping ground, tiga kali makan, minimal 5 orang per kelompok, memiliki kondisi kesehatan yang prima. Biaya Rp 325.000/paket 

2. Wisata Kampung: menginap di homestay atau saung Sarongge, makan, minum, snack dan satu aktivitas kegiatan (tea walk, organic tour, budidaya ternak dll). Biaya Rp 225.000/paket

3. Tea Walk, Organic Tour, Budidaya Ternak (pilih salah satu): sudah termasuk makan siang, minimal 5 orang per kelompok, kondisi kesehatan prima. Biaya Rp 90.000/paket


Di sana tersedia fasilitas penginapan di Sarongge Hills (kapasitas 40 orang), camping ground (50), home stay (18) dan saung Sarongge (10). Sementara itu fasilitas kesehatan juga tersedia lengkap, seperti pos kesehatan Puskesmas pembangu Ciputri dan Saung Saronge, bekerja sama dengan Puskesmas Cianjur dan PMI Cianjur. 


Informasi lebih lanjut bisa telfon ke Green Initiative Foundation 021-85113386, Twitter @GIF_NGO atau klik alamat ini: http://greeninitiativefoundation.org/eco-tourism/festival-sarongge


Kalau sudah siap mendaftar, klik di sini ya. 


Sebagai gambaran, yuk simak pelaksanaan Festival Sarongge 2013 lalu! 



Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!