Portrait of a woman. Foto: National Gallery of Victoria

KBR- Sekelompok peneliti berhasil mengungkap potret tersembunyi di balik karya pelukis impresionis Perancis, Edgar Degas. Para peneliti Australia itu menggunakan sinar X-ray mengungkap gambar seorang perempuan yang tersembunyi dibalik lukisan perempuan lainnya, Portrait of a Woman (Potret Seorang Perempuan). Gambar perempuan tersebut dipercaya sebagai Emma Dobigny, perempuan yang muncul dalam karya-karya Degas lainnya. 

“Temuan ini sangat menggembirakan karena kita bisa menambahkan temuan ini ke dalam daftar karya Degas, agar dunia bisa melihat karya lain darinya,” kata Dr Daryl Howard, salah seorang peneliti yang terlibat.

Citra X-Ray membuat para peneliti dapat melihat secara terperinci lukisan lain yang ada dibalik karya yang saat ini dipajang di National Gallery Victoria itu, tanpa harus mengikis lukisan terluar. Bahkan, unsur metalik dalam cat yang digunakan Degas sebagai dasar lukisannya. 

”Kemudian kami menganalisa temuan tersebut dan memetakan elemen-elemen yang ada dalam lukisan sehingga kami dapat memerinci berbagai cat yang dipakai dalam lukisan itu,” kata Dr Howard. Melalui medote itu, para peneliti mendapat gambaran bahwa lukisan tersebunyi tersebut merupakan potret perempuan berambut merah kecokelatan.

Dr Howard menduga potret perempuan tersebut adalah Emma Dobigny, lantaran banyak kemiripan dengan lukisan Emma Dobigny yang lainnya.  

Kepala konservasi Galeri Nasional Victoria, Michael Varcoe-Cocks, antusias dengan temuan tersebut. “Sangat menyenang untuk melihat karya seorang seniman yang belum pernah dibuka sebelumnya,” katanya. 

 National Gallery of Victoria

                                                                             

Sebenarnya sudah biasa jika ada seniman yang menelantarkan lukisan dan menimpanya dengan lukisan lainnya. Tapi, kata Varcoe-Cocks, Degas tidak serta merta membuat lukisan baru tapi dia juga memasukan lukisan lamanya menjadi bagian dari lukisan baru. Artinya, Degas punya pendekatan yang tidak biasa dalam berkarya. 

Sebelumnya, sudah lama diketahui bahwa terdapat lukisan lain dibalik lukisan perempuan bertudung kepala dan gaun hitam karya Degas. Seiring dengan waktu, potret perempuan itu menjadi kian jelas lantaran cat dari lukisan dari tahun 1870-an akhir itu kian menipis.(Mlk) 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!