Bor Biopori dari Sang Jendral

Dukungan penuh dari Panglima TNI Moeldoko.

Selasa, 12 Agus 2014 12:31 WIB

iwan Fals, OPSI, Nyanyian Raya

KBR, Jakarta – Panglima TNI Moeldoko rupanya salah satu penggemar berat Iwan Fals. Lagu-lagu yang “ditandai” oleh Moeldoko adalah lagu bertema nasionalisme dan lingkungan hidup. 


Dalam Obrolan Penting Sabtu Ini (OPSI) di Sekretariat Badan Pengurus OI di Leuwinanggung, Sabtu (9/8/2014), Moeldoko menyempatkan diri memuji Iwan Fals. “Iwan Fals musisi yang peduli dengan bangsa dan memiliki semangat terhadap pemeliharaan bumi dan nasionalisme.”


Dunia tentara erat juga dengan lagu yang diciptakan Iwan Fals. Salah satu lagu ciptaan Iwan Fals yang paling sering dinyanyikan tentara adalah “Kemesraan” – biasanya dinyanyikan saat ada anggota TNI yang mengakhiri tugas dinas atau lagu penutup rutin yang dipakai untuk menyatukan setiap anggota. 


“Kalau dulu (di era Orde Baru, red), di satu sisi kita jengkel dengan Iwan Fals, tapi kita dengar lagunya.  Tapi jengkelnya dulu, sekarang tidak,” candanyan.


Kehadiran Panglima TNI Moeldoko dalam OPSI hari ini diharapkan bisa mendukung pelaksanaan Konser Nyanyian Raya yang direncanakan pada 1 November mendatang. “Tentara bisa ikut embantu mengkampanyekan salah satu tujuan dari konser yaitu menjaga lingkungan supaya bersih dari sampah. 


Tak hanya itu, Moeldoko juga memberikan alat pembuatan lubang resapan biopori kepada Iwan Fals sebagai bukti kesamaan visi antara TNI dan Iwan Fals dalam menjaga kelestarian lingkungan. 


Obrolan Penting Sabtu Ini (OPSI) adalah program yang digagas Iwan Fals berupa diskusi bulanan, terutama soal silaturahmi, cerdas lingkungan serta harapan terhadap pemimpin baru. 



Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

KPK Minta Opini Alternatif, IDI Siapkan Pemeriksaan terhadap Novanto

  • Ratusan Warga Non-Papua Keluar dari Lokasi Konflik Tembagapura
  • Jokowi Minta DPD Dukung Pembangunan Daerah
  • Satgas Temukan Kayu-kayu Hasil Pembalakan Liar Hutan Lindung di Nunukan

“Jadi orang malah jadi keluar masuk untuk merokok, berapa waktu yang terbuang,” kata Tari Menayang dari Komnas Pengendalian Tembakau