Kolam Hijau, Pesona Kota Siak Masa Silam

Banyak peninggalan sejarah yang bisa kita jumpai di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Diantaranya adalah Istana Kerajaan Siak, Makam Sultan Siak, Mesjid dan lain sebagainya. Semua ini bisa kita jumpai di Kota Siak yang juga disebut Kota Istana.

Kamis, 25 Jul 2013 08:07 WIB

Kolam Hijau, Siak

KBR68H, Siak  – Banyak peninggalan sejarah yang bisa kita jumpai di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Diantaranya adalah Istana Kerajaan Siak, Makam Sultan Siak, Mesjid dan lain sebagainya. Semua ini bisa kita jumpai di Kota Siak yang juga disebut Kota Istana.

Peninggalan ini merupakan bukti kejayaan Kerajaan Siak Sri Indrapura di masa lampau. Kerajaan Siak juga memiliki peran besar dalam mengusir penjajah  dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Pada masa sekarang, peninggalan sejarah dari masa kejayaan Kerajaan Siak, oleh pemerintah daerah, dijadikan tempat wisata untuk pengunjung dari dalam maupun luar Negeri. Pengunjung yang ingin datang ke Kota Siak, bisa menggunakan jalur darat dari kota pekanbaru, ataupun menggunakan transportasi air,  yakni dengan mengarungi Sungai Siak, yang konon merupakan Sungai terdalam di Indonesia bahkan Dunia.

Jika kita terus menelusuri jalan lintas Siak–Bengkalis, tepatnya di Desa Buantan kecamatan Siak, Kabupaten Siak, kita bisa melihat salah satu situs bersejarah dari masa kerajaan Siak, yaitu Kolam Hijau yang letaknya di pinggir Sungai Siak.

Kolam Hijau ini dulunya merupakan tempat pemandian Keris yang digunakan pada masa kerajaan Siak. Selain itu, kabarnya Kolam Hijau ini juga menjadi tempat pemandian Raja Kecik yang merupakan salah satu pendiri Kerajaan Siak. Dinamakan Kolam Hijau, karena air yang menggenangi kolam tersebut berwarna Hijau. Hingga saat ini jika diperhatikan, airnya masih berwarna hijau, meski tidak sepekat pada masa kerajaan dulunya.

Oleh Pemerintah Kabupaten Siak saat ini, Kolam tersebut dirawat dan dijadikan salah satu tempat wisata bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan langsung situs sejarah milik Kerajaan Siak di masa lampau. Jalan untuk menuju Kolam tersebut juga sudah diaspal dan mulus. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir untuk datang ke Kolam Hijau tersebut. Selain itu, di sekitar kolam, juga terdapat tempat makan, dan beristirahat. Sambil menikmati es yang disajikan, pengunjung juga dapat menikmati desiran angin dari arah Sungai Siak.

Pemerintah Kabupaten Siak berupaya terus menggesa pembangunan hingga ke seluruh pelosok Desa agar Kabupaten Siak berhasil dari segi pembangunannya. Ini terlihat dari mulai infrastruktur seperti jalan, dan lainnya. Pemkab Siak juga terus memperhatikan kesejahteraan masyarakatnya melalui berbagai macam program. Oleh masyarakat, Pemkab Siak dinilai berhasil dalam membangun kabupaten Siak, yang merupakan salah satu Kabupaten  pemekaran dari Kabupaten tertua, yakni Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Sumber: Yanda FM
Editor: Anto Sidharta

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!

  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum
  • SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan
  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...

Pansus KPK Minta Bertemu untuk Rapat Konsultasi, Ini Tanggapan Jokowi

  • Kasus Palu Arit, Aktivis Tumpang Pitu Didakwa Langgar UU
  • Kloop: Masih Terus Kebobolan, Liverpool Akan Susah
  • Inggris Tangkap Tersangka Ketiga Pengebom di London