Kampanye #IslamSenyum bersama KBR, Jaringan Gusdurian dan CINTA Indonesia.

Kampanye #IslamSenyum bersama KBR, Jaringan Gusdurian dan CINTA Indonesia.

KBR - Cobalah sesekali mencari kata “Islam” di media sosial.

Website hashtagify.me bisa memberi lebih banyak gambaran soal ini. Ketika menulis kata kunci #Islam, maka yang muncul adalah ISIS. Coba bandingkan dengan kata lain misalnya #Christian maka yang muncul lebih banyak gagasan yang positif seperti ‘worship’ dan ‘faith’. Atau coba juga dengan kata #Buddha, maka yang muncul adalah ‘spiritual’, ‘love’, ‘dharma’ atau ‘zen’.

Bagaimana caranya supaya ada lebih banyak gambaran positif yang muncul dari kata Islam?

Melawan hate speech

Selama 16 tahun berdiri, KBR selalu berada di garis terdepan dalam membela keberagaman di negara ini. Keyakinan ini terwujud dalam berbagai kebijakan redaksional juga tulisan yang diproduksi oleh redaksi KBR. Kami yakin, hate speech atau ungkapan kebencian hanya bisa dilawan dengan kata-kata juga, yang tentunya lebih positif.

Untuk itu, KBR bersama dengan Jaringan Gusdurian dan kelompok anak muda CINTA Indonesia bergabung dalam kampanye #IslamSenyum yang akan dilangsungkan selama bulan Ramadhan tahun ini. Kami ingin bulan baik ini diwarnai juga dengan cerita-cerita baik juga soal agama, dalam hal ini Islam.

“Sejak dulu, ayah saya selalu mendorong adanya wajah Islam yang lebih ramah,” kata Inayah Wahid, putri bungsu Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, bekas Presiden Indonesia, yang juga dikenal sebagai Bapak Pluralisme di negeri ini. Sementara itu, kelompok CINTA Indonesia juga sejak awal mengambil posisi sebagai motor ide-ide toleransi di kalangan anak muda.

Kampanye Ramadhan

Lewat kampanye #IslamSenyum ini kami ingin mengajak semua orang untuk merenung sejenak dan memikirkan gambaran lebih positif seperti apa yang kita inginkan dari sebuah agama. Ringkasnya, mengembalikan wajah Islam yang damai dan menyenangkan.

Meski tagarnya adalah #IslamSenyum tentu saja kampanye ini terbuka bagi semua agama. Karena kita tentu ingin hubungan antar agama di negeri ini bisa lebih baik lagi – tanpa konflik, tanpa kebencian, tanpa rasa saling curiga.

Ini dia video dari Inayah Wahid soal langkah-langkah ikut kampanye #IslamSenyum.

Begini cara ikut kampanye #IslamSenyum

1. Cari ide – menurutmu, apa itu Islam Senyum?

2. Bikin karya – bisa visual (pesan, poster, meme, lukisan, foto, dll) atau audio (suara, puisi, lagu) atau karya kreatif lainnya

3. Foto narsis – tweet dan colek @PortalKBR, share ke temanmu juga ya!

4. Kirim – karya audio visual kamu ke email: islamsenyum@gmail.com Sertakan data pribadimu ya (nama, usia, pekerjaan, lokasi)

5. Simak – tunggu karyamu mengudara di radio dan muncul di timeline!

Cek terus di Twitter @PortalKBR @Gusdurians @CINTAid_ dan www.portalkbr.com  

Dengarkan suara-suara mereka tentang #IslamSenyum. Berikut audio yang berhasil kami kumpulkan .

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!