KBR, Jakarta – Pernah bingung mesti naik bis apa untuk mencapai tempat tujuan Anda? Atau tidak tahu harus cari jalan alternatif yang mana demi menghindari kemacetan? 


Cara klasik yang bisa dilakukan adalah bertanya, seperti kata pepatah ‘malu bertanya, sesat di jalan.’ Tapi bertanya dengan orang di jalan, kadang justru membuat Anda lebih tersesat lagi dan makin kebingungan. 


Kalau Anda pengguna smartphone, bisa juga melirik aplikasi berikut untuk memudahkan hidup Anda di jalanan. 


LewatMana 

Kemacetan di Jakarta saat ini tidak hanya terjadi di jam-jam berangkat atau pulang kantor, tapi bisa terjadi kapan saja. Lewat Mana membantu Anda mengetahui kondisi lalu lintas secara real time dengan pantauan kamera CCTV milik Kepolisian Jakarta, juga pantauan langsung di jalanan dari sesame pengguna aplikasi. Tersedia di Android (versi Lite), Blackberry, iOS, dan Windows Phone.


Bandung 247 

Bandung 247 ini mirip dengan aplikasi Lewat Mana, dengan fokus di kota Bandung. Bandung247 juga menyajikan pantauan CCTV dan pantauan lapangan dari sesama pengguna aplikasi ini. Tersedia di Android, iOS, dan Windows Phone.


Nebengers 

Aplikasi yang baru tersedia dalam format Beta ini berawal dari kegelisahan sejumlah orang yang gerah dengan kemacetan di jalanan. Mereka lantas membuat sebuah komunitas ‘Nebengers’ dan mengajak orang lain untuk berbagi kendaraan bagi yang tujuannya searah. Metode berbagi kendaraan yang dipakai adalah dengan tanda pagar #CariTebengan, #BeriTebengan, #ShareTaxi atau #CariBarengan. Anda bisa memakai akun Facebook dan Twitter Anda untuk masuk ke aplikasi ini. Tersedia di Android, Blackberry, dan iOS.


Komutta 

Aplikasi ini akan membantu Anda mengetahui peta rute bus, rute TransJakarta, bus yang berjalan di jalur busway serta jadwal dan rute commuter line. Kommuta juga menyediakan informasi real time commuter line sehingga Anda bisa mengatur waktu keberangkatan Anda dengan lebih pasti. Tersedia di Android dan iOS.


Info KRL 

Aplikasi ini wajib dimiliki setiap pengguna commuter line. Ada informasi soal posisi kereta, waktu keberangkatan maupun keterlambatan kereta. Aplikasi ini juga bisa mengukur jarak Anda dan posisi terdekat kereta dengan stasiun tempat Anda berdiri secara real time. Tersedia di Android.


Appaja 

Aplikasi ini membantu Anda untuk mengetahui peta rute, waktu dan jarak perkiraan, serta harga dari angkutan umum yang harus dibayarkan. Aplikasi ini masih berbasis beta dan memungkinkan Anda untuk berbagi informasi dengan pengguna lain. Tersedia di Android, iOS, Windows Phone, dan versi web.



Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!