Menteri Mari Pangestu: Ekowisata Mulai Diminati Wisatawan

KBR68H, Jakarta

Sabtu, 29 Jun 2013 23:01 WIB

ekowisata, mari pangestu, dilirik wisatawan, menteri pariwisata

KBR68H, Jakarta – Wisatawan dari mancanegara dan juga lokal mulai tertarik untuk melakukan wisata lingkungan hidup atau ekowisata. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan, wisatawan tidak lagi hanya menginginkan wisata belanja serta tinggal di hotel yang mewah. Menurut dia, wisata yang mulai banyak dicarai adalah wisata yang bisa memberikan pengalaman yang menarik serta sehat. Semua hal tersebut bisa didapat melalui ekowisata.

“Ekowisata meningkat, di kalangan anak muda atau di keluarga yang anak-anaknya masih SD, saya lihat ada peningkatan minat yang luar biasa. Sepeda gunung jadi populer, tracking jadi istilahnya lifestyle. Orang berubah, yang diinginkan dalam wisata itu bukan hanya belanja dan juga hotel yang bagus tetapi juga mencari pengalaman yang berbeda, menarik, unik dan sehat,”kata Mari Elka dalam bincang-bincang di acara Festival Sarongge, di Cianjur, Sabtu (29/6).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menambahkan, ekowisata sangat penting untuk mengenalkan anak-anak dengan lingkungan. Melalui ekowisata, kata Mari, anak-anak bisa mengerti arti pentingnya menanam pohon untuk lingkungan.

Mari menambahkan, ekowisata juga bisa memberikan keuntungan bagi warga sekitar yaitu penambahan pemasukan. Namun, ada satu hal yang harus diperhatikan yaitu tanggung jawab wistawan dan juga warga sekitar dalam menjaga lingkungan di daerah ekowisata. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Karena itu, desa wisata seperti desa Sarongge harus dikelola dengan berkelanjutan sehingga ekowisata bisa tetap memberikan manfaat kepada warga sekitar.

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kapolri: 2018 Indonesia Banyak Agenda, Mesin Makin Panas

  • Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres
  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil

PPATK: Bank Daerah Rawan Digunakan Buat Kepentingan Pilkada

  • Cakupan Imunisasi Campak di Asmat 2017 Hanya 17 Persen
  • Faktor Geografis Jadi Kendali Besar Penanganan Wabah Campak di Asmat
  • Pengganti Sanchez Segera Merapat ke Arsenal

Lewat olahraga kita bisa menyuarakan sesuatu dan bahkan menggalang dana