kuliner nusantara, festival indofood, jakarta

KBR68H – Mencicipi makanan dari sejumlah daerah di satu tempat merupakan kenikmatan tersendiri bagi pecinta kuliner. Festival Indofood yang digelar di Gelora Bung Karno Jakarta bisa memanjakan lidah anda dengan berbagai macam kuliner. Mulai dari makanan ringan seperti rujak cingur hingga makanan berat seperti nasi goreng kambing.

Festival Indofood yang digelar pada Sabtu dan Minggu (1-2 Juni 2013) tidak hanya menghadirkan makanan yang ada di Jakarta, tetapi juga dari sejumlah daerah. Anda yang ingin menikmati Mie Aceh bisa mampir ke tenda Rumah Makan Mie Aceh Seulawah. Anda bisa memesan seporsi Mie Aceh dengan harga mulai dari Rp 20.000.

Anda bisa menikmati makanan dari sejumlah daerah di Indonesia dari dalam tenda yang sudah disiapkan panitia bagi pengunjung. Jadi, anda bisa memesan langsung ke kedai makanan yang anda suka dan pesanan akan langsung diantar ke tempat anda duduk. Pada pembukaan Festival Indofood yang mengambil tema Cita Rasa Pilihan Indonesia, kemarin, para pengunjung sempat panik ketika hujan deras melanda lokasi.

Para pengunjung yang tadinya berniat untuk memesan makanan terpaksa harus berteduh telebih dahulu di tenda yang disiapkan untuk menyantap makanan, sambil menunggu hujan reda. Setelah menuggu selama kurang lebih 1 jam, hujan akhirnya reda dan tenda makanan mulai dipadati para pengunjung.

Indofood sebagai penyelenggara acara ini membuat dua lokasi yaitu makanan berat dan makanan ringan. Makanan berat berada di bagian belakang dari panggung Festival Indofood. Pada lokasi ini, anda bisa menikmati sejumlah makanan dari daerah seperti Sate Tulang & Soto Banjar Eldorado, Gudeg Asli Jogja Ibu Laminten, Soto Kesawan (Medan), hingga Kupat Tahu Gempol (Bandung). Ada juga sajian dari rumah makan yang sudah cukup terkenal di Jakarta seperti Bebek Kaleyo, ayam bakar Taliwang hingga nasi goreng kambing Kebun Sirih.

Sedangkan di lokasi makanan ringan, anda bisa memesan Martabak Kubang atau Martabak Ardy, lalu ada juga Klapertaart, hotdog dan burger I Wurst hingga es cincau. Para pengunjung akan diberikan token warna merah dan biru setiap kali belanja minimal Rp 20.000. Token warna biru adalah sumbangan yang akan diberikan kepada World Food Program dan token warna merah bisa digunakan untuk mengikuti permainan anak-anak yang disedikan panitia.

Selain itu, token merah juga bisa ditukarkan dengan sepotong kue tart pelangi raksasa yang dibuat oleh salah satu UKM binaan Indofood. Bagi anak-anak, ada juga ajang kreasi es krim yang bisa dinikmati gratis dengan menukarkan token merah.

Consumer Activation Manager Indofood Karls Nayoan Jap mengatakan, Festival Indofood ini diharapkan bisa menjadikan kuliner Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Kami memilih 45 peserta di ajang kali ini. Tentu ada syaratnya yaitu minimal sudah berdiri selama lima tahun, cukup dikenal oleh masyarakat dan yang paling penting adalah menyajikan masakan khas Indonesia,”kata Karls.

Berbeda dengan festival kuliner yang juga kerap digelar di Jakarta, Festival Indofood juga mengajak pengunjung ikut membantu perbaikan gizi sejumlah warga di Nusa Tenggara. Setiap pembelian Rp 20.000 di gerai-gerai yang ada di festival ini, panitia akan menyunbangkan Rp 100 melalui token merah yang diberikan kepada World Food Program. Program ini berupa penyediaan makanan yang tepat untuk memenuhi gizi yang diperlukan terutama pada periode emas yakni seribu hari pertama kehidupan, mulai masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun.

Bagi anda yang belum sempat mengunjungi pembukaan Festival Indofood yang digelar kemarin, masih ada kesempatan untuk menyicipi wisata kuliner dari sejumlah daerah hari ini.  Festival kuliner ini dibuka untuk umum mulai pukul 11.00 WIB hingga 21.00 WIB, dan para pengunjung dapat masuk secara gratis tanpa perlu beli tiket.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke festival kuliner Indofood, dianjurkan untuk membawa payung dan juga air mineral dari rumah. Payung diperlukan untuk mengantisipasi hujan yang turun sedangkan air mineral diperlukan karena pada festival ini tidak ada satu stan pun yang menjual minuman air putih. Sebagian besar minuman yang dijual adalah minuman bersoda dan juga teh.

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!