BERITA

2016 Widji Thukul Akan Hadirkan Kejujuran Sejarah Untuk Anak Muda

Ilustrasi. Widji Thukul. Foto:Antara

KBR, Jakarta - Kisah Widji Thukul, seorang penyair dan aktivis yang hilang dalam huru-hara reformasi 1998 akan tayang di bioskop tanah air pada pertengahan tahun 2016 mendatang. Line Produser Film Widji Thukul, Yulia Evinabara mengatakan film ini ingin mengangkat sosok Widji Thukul dan sejumlah karyanya. Kata dia, produksi film tersebut sudah dimulai dari tahun lalu. Selain itu, Yulia mengaku tidak takut mengangkat film bertema kontroversial.

"Nanti (film) akan mengambil sebagian kisah hidup Wiji Thukul dalam kurun waktu 15 tahun dari tahun 90-an sampai dia dihilangkan. Seperti karya-karya Wiji Thukul yang dalam puisi dan sajaknya tidak be-rima dan bisa seliar mungkin, kami hanya ingin menampilkan kejujuran sebuah sejarah kepada anak muda jadi kami tidak khawatir," ujar Yulia kepada KBR, Selasa (5/5/2015)

Yulia menambahkan saat ini penulisan naskah film tentang Widji Thukul yang masih dirahasiakan ini sudah selesai dan segera menunggu proses produksi film yang akan dimulai pada Oktober 2015 mendatang. Sebelumnya, pernyataan resmi soal pembuatan film tersebut diumumkan di Solo pada gelaran ASEAN Literary Festival.

Editor: Malika

  • Film wiji Tukul
  • film baru
  • Widji Thukul
  • Toleransi
  • aktivis

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!