Sejumlah durian varietas unggul asal Kecamatan Wonosalam yang tampil dalam kontes durian di lapangan Wonosalam, Jombang. (Foto: KBR/ Muji Lestari)

KBR, Jombang – Warga di Kecamatan Wonosalam, Jombang, Jawa Timur menggelar kontes buah durian asli Wonosalam di lapangan setempat, Sabtu (26/3/2016). Selain sebagai bentuk rasa syukur atas panen raya, helatan ini sekaligus untuk menyambut pesta kenduri durian. Dalam kontes tersebut, durian jenis mentega super asal Dusun Plumpung Desa Galengduwo berhasil menyabet gelar juara.

Durian milik Misriani tersebut memiliki rasa manis, pahit, legit serta daging yang tebal. Selain itu, warna kuning matang seperti mentega memperindah tampilan sang juara.

Ketua Panitia Kontes Durian, Wartomo menjelaskan, ada 17 jenis durian asli Wonosalam yang ikut dalam kontes. Durian-durian itu dinilai oleh tim yang terdiri atas dinas pertanian kabupaten dan provinsi. Para juara mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 1,5 juta. Kontes ini rutin digelar setiap tahun. Lebih lanjut dia berharap, bisa menjadikan kegiatan ini sebagai ajang promosi durian asli Wonosalam.

“Mengenalkan icon Wonosalam terutama buah Durian karena nanti kita akan mengembangkan dan mendampingi Durian jenis bido karena banyak durian-durian bervarietas unggul untuk mendampingi durian bido di Wonosalam ini, karena unggulan daripada durian Wonosalam adalah bido”, kata Wartomo di Jombang, Sabtu (26/03/2016).

Salah satu anggota Dewan Juri, Endang Puspitaningsih, membenarkan jika durian jenis mentega super milik Misriani layak menjadi jawara kontes. Selain rasanya yang lezat, durian itu memiliki edible portion atau bagian yang dapat dimakan sebesar 34 persen. Sebab biasanya, kata dia, edible portion buah durian rata-rata di bawah 30 persen.

Juara dua kontes ini, diraih durian jenis landak milik warga Desa Jarak. Durian tersebut memiliki edible portion 30 persen. Sementara juara tiga adalah durian jenis elang asal Desa Jarak yang memiliki edible portion 27 persen.

Beberapa parameter penilaian lainya di antaranya, penampilan luar-dalam durian, ketebalan daging, rasa, tingkat kemanisan, kadar air, aroma, serta serta keunikan dan warna kulit.

Kontes durian ini merupakan salah satu rangkaian acara dari pesta kenduri durian yang akan digelar pada Minggu (27/03/2016) besok. Helatan tersebut rutin digelar setiap tahun saat musim panen durian. Selain mentega super, ada banyak jenis durian asli Wonosalam yang menjadi produk unggulan warga. Di antaranya, durian bido yang memiliki rasa khas manis pahit, durian jeni montong, durian bajul dan, durian kunir yang juga tak kalah lezat dengan durian jenis mentega super.

Editor: Nurika Manan

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!