Sony dan Panasonic Kembangkan Penyimpanan Disk 300 GB

Dua perusahaan teknologi, Sony dan Panasonic telah mengembangkan cakram optik generasi terbaru untuk penyimpanan data dengan kapasitas 300 GB. Cakram penyimpan ini akan memiliki dimensi yang sama seperti disk Blu-ray dan juga dapat dibaca setidaknya 50 ta

Senin, 10 Mar 2014 22:04 WIB

Sony dan Panasonic, Disk 300 GB

KBR68H - Dua perusahaan teknologi, Sony dan Panasonic telah mengembangkan cakram optik generasi terbaru untuk penyimpanan data dengan kapasitas 300 GB. Cakram penyimpan ini akan memiliki dimensi yang sama seperti disk Blu-ray dan juga dapat dibaca setidaknya 50 tahun.
 
Cakram ini akan memiliki tiga lapisan. Pengembangan ini diharapkan bisa menggebrak pasar pada 2015, dengan kapasitas yang lebih luas dalam 500 GB kemudian 1 TB. Kapasitas yang lebih tinggi ini akan dicapai melalui teknologi pengolahan sinyal termasuk teknologi multi-level.
 
Sony dan Panasonic akan mendorong disk optik untuk perusahaan jasa penyimpan dan layanan arsip di tengah ledakan data online. Mereka akan memasarkan disk terpisah di bawah merk mereka.
 
“Sebagai jenis media arsip, disk optik memiliki banyak keunggulan dibandingkan HDD saat ini dan media kaset, seperti kemampuan untuk menyimpan dalam waktu yang lama,” kata juru bicara Panasonic. “Kami berharap untuk mengembangkan permintaan untuk arsip yang menggunakan disk optik.
 
Disk tidak membutuhkan wadah penyimpanan khusus dengan suhu konstan atau kelembaban khusus, juru bicara itu menambahkan. Selain itu, pengguna akan mendapat keuntungan dari mengurangi konsumsi energi dibandingkan dengan menggunakan pita magnetik untuk penyimpanan. (computerworld)

Editor: Anto Sidharta


Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah

  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI
  • Bagi-Bagi Kopi di Filosofi Kopi 2

Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta Gugat Pemprov DKI soal Keterbukaan Informasi Reklamasi

  • Pengamat: Ada Barter Antara Perppu dengan Tambahan Fasilitas DPR
  • Polisi Temukan Selebaran ISIS Bernada Ancaman
  • LN: 2 Negara Capai Kesepakatan Baru soal Sengketa Laut Cina Selatan

Dalam Perbincangan Ruang Publik KBR kali ini, kita akan punya 5 topik utama, penasaran? ikuti perbincangan Ruang Publik KBR