nasi goreng, banyuwangi

KBR68H, Banyuwangi - Indonesia kaya dengan kulinernya. Namun yang paling menonjol di antara ratusan kuliner khas Indonesia adalah nasi goreng. Di kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, ada nasi goreng unik dan beda dari yang lain, yaitu nasi goreng hitam.


Untuk anda penikmat nasi goreng harus mencoba nasi goreng yang satu ini. Nasi goreng yang dijual di Rumah Makan Gazebo yang berada di Jalan Ikan Sepat no 31 Banyuwangi ini berwarna hitam dan memiliki cita rasa yang gurih 


“Warna hitamnya itu kita dapat dari cumi- cumi itu,” kata  Sistu pemilik Rumah Makan Gazebo. 


Sistu mengaku membuka rumah makan ini sejak 2007. Awalnya ide membuat nasi goreng hitam tersebut muncul setelah ada nelayan yang datang ke warungnya menawarkan ikan cumi-cumi. 


"Kebetulan daerah sini itu kan dekat pantai,sedangkan cumi-cumi yang laku ukuran kecil. Sehingga berukuran besar sering ditawarkan ke sini oleh mereka. Karena kasihan jadi saya beli. Akhirnya saat diotak-atik muncul ide untuk buat nasi goreng berbahan tinta cumi-cumi itu,” tandasnya.


Sistu mengatakan, setalah dimasak ternyata banyak sekali yang suka dengan nasi goreng hitam buatannya. Menu tersebut kemudian dimasukan dalam daftar menu di rumah makannya. 


“Resepnya sederhana sekali hanya bawang putih, bawang merah, cabai merah dan cabai rawit secukupnya. Setelah dihaluskan dan dicampur dengan tinta cumi-cumi dan didiamkan beberapa menit lalu digoreng dengan nasi putih dan ditambahan minyak wijen dan minyak lobster. Terkadang juga ditambahkan udang, sosis dan bakso. Satu hari minimal 4 kilogram nasi putih. Tergantung mesannya," jelasnya


Sistu menambahkan, nasi goreng hitam ini dapat mencegah terjadinya kanker. Uji klinis yang dilakukan Jin’ichi Sasaki di Universitas Hirosaki Jepang menemukan dalam cumi-cumi mengandung banyak sekali asam amino esensial dan vitamin yang berguna untuk menambah sel darah putih dalam darah untuk memerangi sel-sel kanker.


Nasi Goreng Aneka Warna 


Selain nasi goreng hitam, rumah makan yang berada di belakang kelenteng Hoo Tong Bio ini juga menyedikan nasi goreng merah, nasi goreng hijau dan nasi goreng orange. 


"Warnanya itu bukan berasal dari zat pewarna melainkan berasal dari buah-buahan dan sayuran. Warna merah muda berasal dari buah naga merah, kalau hijau dari sayur-sayuran dan warna oranye berasal dari wortel," kata Sistu.


Dia mengatakan semua bahan-bahan itu berasal dari kebun miliknya sendiri. “Jadi jika ada yang memesan nasi goreng merah misalnya ya tinggal metik buah naga itu” ujur Sistu sambil menunjuk buah naga dikebunnya.


Sementara itu, salah satu pengunjung Rahmawati mengaku kagum dan suka dengan nasi goreng hitam ini. Sebab, selain rasanya enak, nasi goreng hitam ini hanya satu- satunya di Banyuwangi. 


“Rassanya gurih dan bau khas cumi-cuminya juga bikin selera makan bertambah sehingga jadi ketagihan. Rugi kalau ga mencobanya,” ujar warga Kelurahan Klatak Banyuwangi ini.


Harga nasi goreng hitam ini juga cukup terjangkau satu porsinya di hargai Rp 13.500. Bagi Anda yang penasaran selamat mencoba.


Editor: Antonius Eko 


Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!