Web, Ultah Ke-25

KBR68H - Membaca artikel ini tidak hanya dengan menggunakan internet, tetapi juga dengan mengakses World Wide Web atau dikenal dengan sebutan Web. Dalam hal dasar, internet adalah seluruh jaringan server dan infrastruktur komputer. Sedangkan Web adalah cara mengakses jaringan-jaringan protokol dan lainnya. Dua hal yang berbeda dan saling menunjang inilah telah mengantarkan Anda seolah-olah mengetahui segala hal yang ada dalam kehidupan.
 
Hari ini merupakan hari ulang tahun dari Web yang ke-25. Untuk merayakan itu, penemu Web, Sir Tim Berners-Lee menulis blog dalam Google.
 
“Pada tanggal 12 Maret 1989, Saya membagikan proposal untuk meningkatkan arus informasi: ‘sebuah jaringan yang saling terhubung’ meskipun CERN sebagai laboratorium fisika menolak proposal, Bos saya, Mike Sendall mengizinkan untuk tetap menjalankan proyek tersebut,” kenang Berners-Lee dalam tulisan blognya.
 
Ia juga mengatakan pada tahun 1990, menemukan program editor dan browser. Kemudian pada tahun 1993, CERN menyatakan teknologi WWW dirilis secara cuma-cuma untuk publik selamanya.
 
Bertepatan dengan ulang tahun Web ke 25, Berners-Lee memohon kepada pembaca untuk bergabung dalam membantu membangun masa depan Web dengan cara memajukan Web gratis dan terbuka untuk semua orang.
 
“Pada ulang tahun Web ke-25, Saya meminta Anda untuk bergabung untuk mewujudkan masa depan Web, dengan cara membuat peraturan yang berkaitan dengan hak digital pengguna untuk memajukan Web gratis dan terbuka untuk semua orang,” kata pendiri Web yang juga menginginkan partisipasi penggunanya bergabung dalam webat25.org.
 
Selamat ulang tahun Web, terima kasih yang sangat besar kepada Sir Tim Berners-Lee. Penemuannya sangat bermanfaat dan mengubah pola pikir hampir seluruh masyarakat dunia menjadi lebih baik dan terbuka dengan kemudahan untuk mengakses kebutuhan pendidikan, hiburan, dan lainnya. Happy Birthday to Web! (betanews.com)
 
Editor: Anto Sidharta

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!