Harapan Web di Ultahnya Ke-25

Membaca artikel ini tidak hanya dengan menggunakan internet, tetapi juga dengan mengakses World Wide Web atau dikenal dengan sebutan Web. Dalam hal dasar, internet adalah seluruh jaringan server dan infrastruktur komputer. Sedangkan Web adalah cara mengak

Rabu, 12 Mar 2014 22:32 WIB

Web, Ultah Ke-25

AUDIO

KBR68H - Membaca artikel ini tidak hanya dengan menggunakan internet, tetapi juga dengan mengakses World Wide Web atau dikenal dengan sebutan Web. Dalam hal dasar, internet adalah seluruh jaringan server dan infrastruktur komputer. Sedangkan Web adalah cara mengakses jaringan-jaringan protokol dan lainnya. Dua hal yang berbeda dan saling menunjang inilah telah mengantarkan Anda seolah-olah mengetahui segala hal yang ada dalam kehidupan.
 
Hari ini merupakan hari ulang tahun dari Web yang ke-25. Untuk merayakan itu, penemu Web, Sir Tim Berners-Lee menulis blog dalam Google.
 
“Pada tanggal 12 Maret 1989, Saya membagikan proposal untuk meningkatkan arus informasi: ‘sebuah jaringan yang saling terhubung’ meskipun CERN sebagai laboratorium fisika menolak proposal, Bos saya, Mike Sendall mengizinkan untuk tetap menjalankan proyek tersebut,” kenang Berners-Lee dalam tulisan blognya.
 
Ia juga mengatakan pada tahun 1990, menemukan program editor dan browser. Kemudian pada tahun 1993, CERN menyatakan teknologi WWW dirilis secara cuma-cuma untuk publik selamanya.
 
Bertepatan dengan ulang tahun Web ke 25, Berners-Lee memohon kepada pembaca untuk bergabung dalam membantu membangun masa depan Web dengan cara memajukan Web gratis dan terbuka untuk semua orang.
 
“Pada ulang tahun Web ke-25, Saya meminta Anda untuk bergabung untuk mewujudkan masa depan Web, dengan cara membuat peraturan yang berkaitan dengan hak digital pengguna untuk memajukan Web gratis dan terbuka untuk semua orang,” kata pendiri Web yang juga menginginkan partisipasi penggunanya bergabung dalam webat25.org.
 
Selamat ulang tahun Web, terima kasih yang sangat besar kepada Sir Tim Berners-Lee. Penemuannya sangat bermanfaat dan mengubah pola pikir hampir seluruh masyarakat dunia menjadi lebih baik dan terbuka dengan kemudahan untuk mengakses kebutuhan pendidikan, hiburan, dan lainnya. Happy Birthday to Web! (betanews.com)
 
Editor: Anto Sidharta

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Ikhtiar Membentengi Anak-anak Muda Dari Radikalisme

  • Kepala Korps Brimob soal Penganiayaan Anggota Brimob Terhadap Wartawan LKBN Antara
  • Wakil Ketua KPK Laode M Syarief Soal Sikap KPK Terhadap Pansus Angket KPK Di DPR
  • Mendikbud Muhajir Effendy Soal Penerapan Sekolah Lima Hari Sepekan
  • Jadi Kepala UKP Pembinaan Pancasila, Yudi Latif Jelaskan Perbedaan dengan BP7
  • Siti Nurbaya: Lestarikan Lingkungan Perlu Kejujuran

Pria Pembawa Senjata Tajam di Polda Ternyata Sakit Jiwa

  • Kelanjutan Relokasi Tiga Gereja di Bogor, Pemkot dan FKUB Tunggu Kesanggupan Pihak Perumahan
  • Filipina Teliti Video Kelompok Maute Eksekusi Warga Sipil
  • Facebook Bakal Siarkan Pertandingan Liga Champions Eropa Musim Depan

Mudik seakan menjadi rutinitas tahunan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Bagaimana kesiapan fasilitas sarana dan prasarana mudik tahun ini? Apakah sudah siap pakai untuk perjalanan pemudik?