nasi bakar, mbah darso

Menu nasi bakar tak cuma bisa didapat di rumah makan atau warung besar di Yogyakarta, di angkringan juga bisa. Dimana? Tempatnya di Angkringan Mbah Darso.

Awalnya hanya angkringan biasa yang ada di pinggir jalan. Namun dengan usaha pemiliknya, angkringan ini kemudian diperluas dan lebih modern. Tak cuma itu, Angkringan Mbah Darso juga membuka cabang lain di Jogja.

Dengan tempat yang sejuk, angkringan Mbah Darso menyediakan menu-menu spesial, di antaranya nasi bakar. Nasi bakar di tempat ini tak hanya nasi dibungkus daun pisang kemudian dipanggang, tapi lengkap berisi oseng teri atau potongan daging ayam di dalamnya. Seporsi hanya Rp4.000.

Menu lain adalah ayam bakar Klaten. Ayam yang disajikan lebih empuk dibanding ayam bakar kebanyakan karena dibakar menggunakan santan. Per porsinya dibanderol harga Rp 7.000. Ada juga menu ayam bakar Taliwang asal Lombok NTB dan ayam bakar madu. Hidangan lain seperti menu sate, dari sate usus hingga kepala ayam juga tersedia di tempat ini.

Joko Purwanto, penanggung jawab Angkringan Mbah Darso menyatakan Ada 30 macam menu di angkringan Mbah Darso ini. Dan juga enam menu sambal, dari sambal terasi hingga sambal tongkol. Untuk sego kucing Rp2.000 per porsi.
Sementara untuk minuman, Mbah darso memiliki menu favorit seperti wedang jahe secang dan es ronde. Wedang jahe secang dengan rempah-rempah yang dipadukan menjadi satu dihargai Rp2.500. Sedangkan untuk es ronde dengan butiran kacang di atasnya cukup dengn Rp 4.000.

Angkringan Mbah Darso ini terletak di Jalan Wonocatur, Juru Gentong, Banguntapan, Bantul. Tepatnya belakang JEC, sebelah barat swalayan Pamela 1. Buka setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB.

Sumber: Radio Starjogja

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!