ikan kali, yogyakarta

KBR68H, Yogyakarta – Apabila anda tengah berada di Yogyakarta dan ingin merasakan makanan dengan menu ikan sungai atau ikan kali, bisa mencoba mampir ke Rumah makan Iwak Kali. Tempat makan ini menyajikan beragam menu ikan kali (sungai). Tak perlu bersusah payah memancing terlebih dahulu ke kali, tinggal pesan. Ada beragam ikan yang bisa dipilih seperti uceng, beyong, wader, kutuk, dan sejenisnya, pas menjadi tujuan Anda mengenyangkan perut di siang hari.

Berbeda dengan kebanyakan restoran ikan lainnya, tempat makan yang berlokasi di Jalan Rejowinangun 1B, Jogja ini, khusus menyediakan ikan-ikan kali yang bahan-bahannya dikirim langsung dari Temanggung.

Sebelum dibuka di Jogja sekitar sebulan yang lalu, Iwak Kali sudah terlebih dulu dikenal dan menjadi tempat makan favorit di kota tersebut selama enam tahun. Cita rasa yang ditawarkan Iwak Kali pas dengan lidah orang Indonesia, gurih dengan rasa pedas yang bisa disesuaikan dengan selera. Tidak sebatas digoreng, melainkan juga diracik ke dalam beberapa jenis masakan, seperti mangut ataupun lombok ijo. Tidak ketinggalan lalapan serta sambal kosek sebagai pelengkap.

Fira Triyanti, pemilik Iwak Kali, menuturkan, selain menu yang ditawarkan berbeda dengan tempat kebanyakan, tempat makan yang dikelola bersama dengan suaminya ini juga akan membuat para pelanggan kembali beromantisme dengan hidangan yang tersaji.

Kelebihan lain yang diberikan tempat makannya, sambung dia, variasi ikan yang cukup banyak dan tidak melulu wader. Mengingat selama ini orang banyak kerap mengidentikkan ikan kali dengan wader, padahal jenisnya bermacam-macam.

Sekalipun didatangkan dari Temanggung, ikan kali tidak bisa disimpan terlalu lama di dalam freezer karena membuat ikan rusak. Jadi, biasanya setelah pengiriman, ikan-ikan kali tersebut langsung diolah.Menurutnya, Menggoreng ikan kali juga membutuhkan minyak goreng yang banyak hingga dapat merendam ikan dan dalam kondisi panas.

Sebagai pelepas dahaga, pelanggan bisa memilih es beras kencur yang segar dan terkenal sebagai penambah nafsu makan. Soal harga tidak menjadi kendala, seporsi ikan kali dapat dinikmati mulai dari Rp9.000 dan segelas es beras kencur sudah bisa diteguk hanya dengan merogoh kocek Rp3.000. Selamat mencoba.

Sumber: Radio Starjogja

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!