Ternyata Bayi Ikan Salem Punya Sejenis GPS

Bayi ikan salem yang belum punya pengalaman migrasi ternyata mampu mencari lokasi pencarian makanan yang sering disinggahi ikan salem dewasa.

Jumat, 07 Feb 2014 18:31 WIB

Bayi Ikan, Salem, GPS

KBR68H - Bayi ikan salem yang belum punya pengalaman migrasi ternyata mampu mencari lokasi pencarian makanan yang sering disinggahi ikan salem dewasa.

Studi baru yang disiarkan pada Kamis (6/2) mengungkapkan, bayi ikan salem  mengorientasikan diri sesuai dengan magnet bumi atau sejenis Global Positioning System (GPS) yang terpasang di dalam diri mereka. Ini membuat bayi ikan dengan mudah menuju jalan pulang.

Soal ini dibuktikan Nathan Putman dan rekannya dari Oregon State University yang meneliti bayi Salem Chinook di Sungai Oregon. Mereka memakai sistem kumparan magnet untuk membuat ikan salem Chinook muda memilih jalan melalui medan magnet yang ada di dekat garis lintang yang menjadi jalur khas mereka ke samudra.

Hasilnya, mereka menemukan sifat khas medan magnet utama jalur samudra yang membimbing ikan salem Chinook menuju arah selatan, sementara magnet di selatan mendorong ikan menuju arah utara.

“Temuan kami menunjukkan bahwa sebelum ikan tersebut menyentuh samudra, mereka sudah memiliki informasi mengenai arah mana yang menjadi tujuan mereka atau tetap berada di lokasi yang menguntungkan,” kata Putman dalam Jurnal Biologi AS.

Diyakini sebelumnya, selaput mata ikan salem memiliki memori medan magnet yang membantu mereka memasuki laut setelah berpindah melalui aliran air tawar dan sungai.

Namun, studi baru ini memberikan fakta baru, ikan itu bergantung pada intensitas magnetik dan sudut kemiringan medan magnet bumi. Selain ikan salem, paus, hiu, kura-kura juga memiliki "GPS" bawaan. (newstonight.co.za)

Editor: Anto Sidharta

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

MKD DPR: Kalau Ada yang Bilang 'DPR Rampok Semua', Bisa Kami Laporkan ke Polisi

  • Kapolri Ancam Copot Pejabat Polri di Daerah yang Gagal Petakan Konflik Sosial
  • Impor Garam 3,7 Juta Ton, Susi: Bukan Rekomendasi KKP
  • Kapolri: 2018 Indonesia Banyak Agenda, Mesin Makin Panas
  • Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

RKUHP, Koalisi Kebebasan Pers Sangsi Audiensi dengan DPR Bawa Perubahan

  • BMKG : Kemarau di Aceh Berlanjut Hingga Maret
  • Israel Beli Minyak Ke ISIS
  • TC Tahap Dua TImnas, Milla Tak Panggil Evan Dan Ilham

Tidak lama lagi kita akan merayakan pesta rakyat yang diadakan setiap 5 tahun sekali. Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden yang jatuh pada tahun 2019.