Hati-Hati, Jaringan Wi-Fi Bisa Sebarkan Virus

Bagi Anda tak bisa lepas dari internet, berhati-hatilah saat menggunakan Wi-Fi. Peneliti di University of Liverpool, Inggris mengungkap Wi-Fi dapat terinfeksi oleh virus yang pegerakannya seperti penyebaran flu yang menular.

Jumat, 28 Feb 2014 15:17 WIB

Jaringan Wi-Fi, Virus

KBR68H – Bagi Anda tak bisa lepas dari internet, berhati-hatilah saat menggunakan Wi-Fi. Peneliti di University of Liverpool, Inggris mengungkap Wi-Fi dapat terinfeksi oleh virus yang pegerakannya seperti penyebaran flu yang menular.
 
Tim peneliti ini merancang sebuah simulasi serangan virus yang disebut ‘Chameleon’ dan menemukan bahwa virus menyebar cepat pada jaringan rumah dan perkantoran. Virus ini menyerang melalui jaringan Access Point (AP) dan mampu menghindari deteksi dan mengidentifikasi titik-titik lokasi akses Wi-Fi yang dilindungi oleh enkripsi dan password.
 
"Ketika Chameleon menyerang sebuah AP, hal itu tidak mempengaruhi cara kerjanya, tetapi mampu mengumpulkan dan melaporkan data pengguna Wi-Fi yang terinfeksi," kata Alan Marshall, seorang profesor keamanan jaringan di University of Liverpool.
 
"Koneksi Wi-Fi akan menjadi target para hacker karena rentannya sistem keamanannya dan mudah terdokumentasi dengan baik. Sehingga sulit untuk mendeteksi dan menghindari serangan virus," pungkas Marshall. (Telegraph)
 
Editor: Anto Sidharta

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!

  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum
  • SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan
  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...

Polisi Buru Penyebar Hoaks Gunung Agung Meletus

  • Frekwensi Kegempaan Gunung Agung Meningkat
  • Anak-anak Pengungsi Gunung Agung Mulai Belajar di Sekolah Terdekat
  • Pansus Angket KPK Akan Sampaikan Laporan Sementara Besok