Pantai Kata Pariaman

KBR68H, Pariaman - Pantai Kata memang terkenal dengan keeksotisannya yang menjanjikan keindahan. Pemandangan nan elok, hembusan angin laut yang segar dan pastinya keramahan dari pribumi setempat akan terasa hangat saat mampir sejenak untuk menikmati rona, dan pesona alam yang mampu menghilangkan rasa jenuh dan lelah Anda.

Terletak di Selatan Kota Pariaman, pantai ini membentang Desa Taluk dan Kelurahan Karan Aur. Anda tidak perlu pusing-pusing mencari lokasi pantai ini, karena jarak pantai ini hanya 1500 meter dari batas Kota Pariaman dengan Kabupaten Padang Pariaman. Bila masih tetap pusing, anda hanya butuh membayar ongkos Rp 7.000 untuk menyewa bendi maupun transportasi publik lainnya untuk mencapai pantai ini.

Berbeda dengan pantai di Kota Pariaman lainnya, Pantai Kata sampai sekarang ini masih alami dan belum begitu terjamah. Keasrian dan panoramanya mam¬pu menyatukan kita dengan suasana harmoninya alam pantai yang damai. Akan terlihat pepo¬honan pinus dan cemara yang bernyanyi dengan desiran daun yang mengikuti arah angin. Pasir-pasir putih seluas mata meman¬dang seakan menarik kita untuk berkunjung ke sana.

Sore hari adalah waktu yang sangat pas dengan memandang laut lepas dan matahari tenggelam bersama nelayan yang bergelut dengan ombak untuk pergi ke tengah lautan. Beberapa kerbau terlihat santai berendam di muara yang menghu¬bungkan hilir sungai dengan pantai kata. Rum¬-put-rumput yang hijau menemani di seki¬tar. Batu-batu di tepi pantai, seakan mem¬persilahkan untuk du¬duk, memandang ke arah laut. Sore hari dan hari libur? Barangkali itulah saat yang paling ditunggu.

Matahari memancarkan warna merah dari arah timur. Sembari memandang laut, udara sepoi-sepoi menerpa wajah. Jadilah keindahan alam, dan canda tawa anak muda yang terlihat berkum¬pul hanya untuk memandangi dan menikmati pesona alam Pantai Kata....

Sumber: Radio Dhara

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!