Sekelompok orang tengah makan di kawasan Utan Kayu Jakarta Timur (eby)

KBR, Jakarta - Perjalanan murah meriah saat travelling tentu harapan banyak orang. Tapi apa bisa? Terlebih jika Anda bepergian bersama anak, suami/istri atau keluarga besar lainnya. Wah, dananya benar-benar harus diperhitungkan tuh!

Salah satu beban biaya yang cukup berasa saat travelling adalah makanan. Apalagi jika berpergian dalam waktu yang lama dan restoran mahal pula yang Anda singgahi. Sayangkan, kalau uang kita boros hanya untuk urusan perut semata.

Nah, memasak makanan sendiri adalah salah satu cara untuk menghemat biaya secara drastis. Cara seperti ini kita jadi memboroskan waktu di dapur dan akhirnya jadi malas keluar. Tetapi, jika cara ini bisa menghemat uang, kenapa tidak kita lakukan?

Berikut ada beberapa cara agar mendukung kegiatan memasak Anda demi menghemat uang seperti dilansir Treehugger, Senin (5/1).

1. Cari penginapan yang menyediakan dapur

Bisa apartemen, rumah, hotel, atau pondokan. Paling tidak, ada kulkas dan kompor listrik yang tersedia di penginapan yang anda pilih. Lebih asyik lagi kalau memilihi apartemen , karena biasanya  peralatan dapurnya sudah lengkap. Memang, sih menyewa apartemen lebih mahal, tapi perlu diingat,  bahwa dengan memasak sendiri, kita bisa menghindari tagihan restoran yang mahal.

2. Jangan terlalu stres memikirkan diet.

Ini dilakukan terutama jika Anda bepergian ke negara lain yang makanannya berbeda dari apa yang  sering kita konsumsi. Justru, Anda akan menghemat uang, jika menkonsumsi makanan segar dan musiman, bahkan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memasak jika Anda meniru gaya makan lokal penduduk setempat.

3. Jangan lupa beli bahan-bahan dasar makanan

Minyak , garam, merica, cuka, kecap, beras, bawang ,cabe,  gula, teh, kopi dan lain-lain, adalah suatu keharusan yang wajib nongkrong di dapur. Tanpa bahan dasar itu, masakan anda mungkin tak akan sedap dan sempurna. Jika bepergian dengan anak-anak, pastikan juga anda menyediakan  oatmeal,  susu, yoghurt, buah, dan lain-lain, agar ketika pagi datang, anda bisa menyajikan makanan dan minuman yang menyegarkan.

4. Rencanakan menu apa yang akan dibuat

Ya, tidak harus rinci, sih. Tapi setidaknya Anda memiliki rencana kira-kira masakan apa yang akan dibuat. Jadi, ketika belanja ke swalayan, kita sudah memikirkan apa saja bahan  yang akan dibeli, bila perlu dibikin daftar, supaya kita tetap fokus dan  mengurangi membeli  bahan yang tidak penting.

5. Untuk mencoba resep baru atau makanan khas suatu negara yang belum pernah dimasak sebelumnya

Kita bisa mencari blog yang mengulas tentang resep-resep makanan sebagai panduannya.  Di jaman yang serba canggih ini, resep online begitu mudah kita dapatkan untuk keadaan "darurat".

6. Arsipkan beberapa makanan pokok yang akan kita racik

Terutama untuk makanan seperti kacang, beras, daging/ikan, telur, Pasta /mie, Sandwich, Salad dan lain-lain.

Mudah-mudahan dapur Anda dilengkapi beberapa wadah atau mangkuk untuk untuk menyimpan sisa makanan. Paling tidak, membawa serta beberapa kantong Ziploc untuk memastikan penyimpanan anti bocor, saat makanan tersebut Anda bawa ketika sedang bepergian. Ketika akan melanjutkan perjalanan, pastikan  kompor, lampu, kran air dan kulkas (jika sedang tak ada isinya) dalam keadaan mati, supaya menghemat listrik.

Jangan lupa juga selalu bepergian dengan botol air yang dibawa dari rumah. Agar dapat digunakan kembali. Supaya Anda tidak perlu membeli air minum kemasan.

Selamat berlibur....

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!