cina, uji coba, rudal, supersonik

KBR68H, Washington - Cina telah melakukan penerbangan percobaan pesawat hipersonik untuk meluncurkan rudal yang bisa terbang beberapa kali lebih cepat dari suara.

Kementerian Pertahanan Cina tidak mengungkapkan hasil uji tersebut, yang katanya bersifat ilmiah dan tidak ditujukan pada negara tertentu.

Tapi Larry Wortzel, Wakil Presiden untuk bidan gKebijakan Luar Negeri dan Studi Pertahanan di Heritage Foundation, mengatakan pembangunan militer Cina itu jelas-jelas menunjukkan terfokus pada sebuah negara sebagai musuh potensial.

Perencana militer Cina tampaknya benar-benar yakin bahwa kemungkinan musuh terbesar mereka adalah Amerika. Mereka punya banyak kekhawatiran lainnya. Hubungannya kurangbaik dengan Rusia meskipun Cina banyak membeli barang dari mereka.Hubungannya jauh lebih buruk dengan Jepang. Tapi mereka memusatkan perhatian padaAmerika dan terhadapt eknologiAmerika.

Pentagon mengukuhkan adanya uji-coba tersebut, tetapi tidak berkomentar. Pengujian oleh Cin aitu berlangsung selagi sejumlah pihak di Amerika mengkhawatirkan perkembangan militer Cina yang sangat cepat.

Jika disempurnakan, teknologi hipersonik ini memungkinkan negara pemiliknya untuk menyerang sasaran di manapun di dunia dalam hitungan menit, dengan menerobos sistem pertahanan rudal. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!