8-bit Music, Chiptune, musik elektronik, musik digital, nintendo

Suka main game dari nintendo? Masih ingat dengan backsound musiknya?


Yup, itulah musik 8 bit atau Chiptune, yakni musik yang dibuat dari format bunyi yang telah disynthesize secara real time oleh komputer atau video game sound chip. Pertama kali musik chiptune dikenal pada pertengahan tahun 1980an -- saat membuat musik dengan komputer hanya bisa melalui sound chip tersebut.

Medium ini memberi fleksibilitas para komposer untuk menciptakan instrumen sendiri. Tetapi karena saat itu sound chip hanya tersedia simple tone generator dan noise generator, pilihan untuk menciptakan sound yang lebih komplex menjadi terbatas.

Chiptune kadang terdengar kasar bagi mereka yang tidak biasa mendengarkan musik tersebut. Dalam beberapa hal, chiptune juga berhubungan dekat dengan musik video game.

Pada tahun 1951, komputer CSIRAC dan Ferranti Mark 1 diciptakan dan digunakan untuk melakukan real time synthesize musik digital yang kemudian dipublikasikan untuk umum. Tapi baru pada tahun 1970an dipakai untuk back sound video game, seperti game yang mungkin sering kita mainkan pada masa kecil seperti game Mario Bros, Donkey Kong, The Legend Of Zelda yang dimainkan dari nintendo.

Tapi teknologi kian maju. Para musisi pun bisa membuat musik yang lebih modern. Meski begitu, musik 8 bit atau chiptune tetap digunakan dan tidak dilupakan. Para musisi elektronik maupun DJ selalu menyisipkan musik chiptune ke dalam musik mereka untuk mempercantik bunyi yang mereka buat. Tidak hanya menyisipkan chiptune ke dalam musik modern, ada juga musisi yang membuat musik pure chiptune dengan mengambil sound dari game boy atau konsol game yang memakai Chiptune lainnya.

Tengok saja album kompilasi yang dibuat pada 2013 lalu yang berjudul “Punk goes 8 bit”. Album ini sungguh menyajikan musik yang unik, segar dan tentunya membuat kita seperti bernostalgia ketika mendengarnya.

Tidak tanggung-tanggung, album kompilasi ini sudah berhasil menelurkan 3 volume dan langsung mendapat dukungan dari Fat Mike, seorang personil dan front man dari band NOFX, yang juga berbagi kepada folllowernya di twitter dan menyebut musik 8 bit ini musik yang unik.

Pada album ini kita bisa menikmati lagu-lagu dari band-band legenda dari genre musik punk seperti Blink 182, Green Day, NOFX, Rancid, MXPX, Log Wagon dan banyak lagi yang lainya.

Pecinta musik 8 bit atau chiptune ini memang terbilang tidak banyak tapi komunitas dari musik chiptune ini tersebar di penjuru dunia dan bergerak secara underground dan sangat aktif menjalin hubungan dengan berbagai negara. Event yang sering diselenggarakan dan selalu mengundang musisi chiptune kelas dunia adalah Blip festival di New York, Microbo Party di Italia dan Lo Bit playground di jepang.

Musisi elektronik kelas dunia pun banyak menyisipkan musik chiptune ke dalam aransemennya bahkan mengcover ulang musik mereka menjadi musik chiptune. Contohnya adalah pionir musik elektronik yang akan tampil di Grammy Award 2014 Daft Punk yang mengubah single mereka “Get Lucky” menjadi musik chiptune. Seorang DJ seperti David Guetta pun sering sekali menyisipkan efek suara chitune ke dalam musiknya.

Musik chiptune adalah sebuah genre musik minim tekhnologi dan tidak kaya dengan efek suara yang megah dan mewah. Namun di tangan mereka yang kreatif dan cerdas dalam bermusik, chiptune mempunyai tempat yang sangat khusus.

(kafemusisi.com)

Editor: Heru Hendratmoko

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!