Yunani, Athena, Sparta, Acropolis

Para sejarawan menyebut, di negeri inilah peradaban Barat dimulai. Bahkan kata history atau sejarah, sangat mungkin berasal dari negeri ini melalui tangan Herodotos yang melahirkan karya berjudul Historia. Herodotos, yang ditahbiskan sebagai "bapak sejarah" menulis Historia antara 450 SM sampai 420 SM. Karya monumentalnya ini mencakup tokoh-tokoh besar yang hidup pada satu abad sebelumnya.

Sebagai peletak dasar peradaban Eropa, negeri ini memang kaya dengan jejak sejarah yang menakjubkan mulai dari politik (demokrasi), sistem pendidikan, ilmu pengetahuan, filsafat, hingga seni dan teater. Ah, jangan dilupakan pula: alfabet!

Menelusuri Yunani adalah menapak jejak peradaban sebagian umat manusia di bumi. Tentang kebesaran Athena, dan perseteruannya dengan Sparta. Atau bukalah buku-buka klasik dan ensiklopedia tentang Yunani. Berapa dewa yang (pernah) hidup di sana?

Jadi, kenapa tak mencoba menginjak negeri yang terletak di ujung semenanjung Balkan ini?

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!