Ancol Gratis di Vietnam

Kemana Anda ingin melepas kejenuhan di sekitar Jakarta? Pantai Ancol mungkin salah satunya. Pantai di utara Jakarta ini menjadi nyaris satu-satunya lokasi pantai yang paling layak dikunjungi untuk berekreasi. Tapi Anda harus membayar untuk masuk kesana. L

Rabu, 30 Jan 2013 11:43 WIB

Kemana Anda ingin melepas kejenuhan di sekitar Jakarta? Pantai Ancol mungkin salah satunya. Pantai di utara Jakarta ini menjadi nyaris satu-satunya lokasi pantai yang paling layak dikunjungi untuk berekreasi. Tapi Anda harus membayar untuk masuk kesana. Lokasi publik dimonopoli oleh pengelola area wisata. Ini tidak terjadi di Da Nang, Vietnam.

Pantai Son Tra di teluk Da Nang, Vietnam yang membujur sepanjang 5 km lebih menjadi lokasi favorit penduduk kota bisnis ini. Meski bukan akhir pekan, tapi sore ini ribuan orang tumpah di sepanjang pantai. Anak-anak hingga orang dewasa bisa menikmati sepuasnya keasyikan aktifitas di pantai berpasir putih yang bersih. Ada yang berenang, bermain layang-layang, bermain jetski, parasut, dan aktifitas pantai lainnya.

Tidak ada pintu gerbang untuk memasuki kawasan ini. Jalan kendaraan umum membujur bersisian dengan pantai sehingga publik bisa menikmati pantai sepanjang perjalanan. Lahan luas memanjang disediakan bagi para pejalan kaki menikmati pantai dari tepi jalan. Bayar? Gratis.

Beberapa area pantai dibatasi hanya dengan tali untuk memisahkan kawasan berenang dan area untuk perahu atau pun speedboat penarik parasut dan jetski. Petugas-petugas pengawas pantai siaga menjaga baik di tower pengawas di bibir pantai maupun di perahu-perahu bakpao di tengah pantai.

Beruntungnya warga kota Da Nang dianugerahi pantai yang bersih dan nyaman, dan tentunya perhatian pemerintah pada fasilitas publik yang memanjakan penduduk. Tak heran penduduk kota ini ramah, meski tak paham bahasa Inggris tapi berusaha menyapa. Pertanda warga kota yang bahagia. Kapan Jakarta bisa seperti ini ya...?

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

KPK Minta Opini Alternatif, IDI Siapkan Pemeriksaan terhadap Novanto

  • Ratusan Warga Non-Papua Keluar dari Lokasi Konflik Tembagapura
  • Jokowi Minta DPD Dukung Pembangunan Daerah
  • Satgas Temukan Kayu-kayu Hasil Pembalakan Liar Hutan Lindung di Nunukan

“Jadi orang malah jadi keluar masuk untuk merokok, berapa waktu yang terbuang,” kata Tari Menayang dari Komnas Pengendalian Tembakau