BERITA

TNI Janji Tarik Pasukan dari Kampung Baru Dadap Hari Ini

TNI Janji Tarik Pasukan dari Kampung Baru Dadap Hari Ini

KBR, Jakarta- TNI berjanji bakal menarik pasukannya dari kampung Baru Dadap, Kabupaten Tangerang hari ini. Ini merupakan hasil kesepakatan antara warga sekitar dengan perwakilan TNI di LBH Jakarta, Rabu (27/12). Awalnya, warga berencana mengadu ke Mabes TNI AD dan Polisi Militer TNI Angkatan Darat (POM TNI AD) lantaran keberadaan anggota TNI bersenjata lengkap di kampung mereka.

Pasiintel Korem 052, Bangun Siregar juga mengatakan warga bakal bermediasi dengan Komandan Komando Resort Militer 052 Wijayakrama (Danrem 052/Wkr), Iwan Setiawan terkait pengerahan pasukan TNI itu. Ia meminta warga bersabar dan tak terburu-buru mengadu ke kesatuan mereka.


"Janganlah ke sana kita ketemu dulu dengan Korem selaku Pimpinan Kodim, pasti ada solusi. Danrem orangnya begitu baik bagitu open dan baik. Enggak mungkin, TNI kuat bersama rakyat," kata Bangun di Kantor LBH Jakarta, Rabu (27/12/17).


Bangun Siregar mengaku mencegah warga Kampung Baru Dadap untuk mengadu kepada KSAD dan POM TNI agar permasalahan yang ada diselesaikan dahulu di wilayah Kabupaten Tangerang. Ia mengatakan, tak etis jika permasalahan di wilayah langsung dibawa ke pusat.


Sementara itu, warga bersedia menemui Danrem 052 Wijayakrama dengan syarat seluruh aparat TNI dan perlengkapannya ditarik dari Kampung Baru Dadap. Salah satu warga, Sujai mengatakan, warga akan menunggu sampai seluruh aparat TNI ditarik dari pemukiman.


"Untuk sekarang ini kesepakatan terbaik, kami tunggu janjinya," ujar Sujai.


Siang tadi, puluhan warga Kampung Baru Dadap batal mengadu ke KSAD dan POM TNI AD karena dicegah aparat TNI dan Kepolisian. Pengaduan tersebut terkait pengerahan pasukan tentara bersenjata ke pemukiman nelayan Kampung Baru Dadap sejak 15 Desember 2017.

Baca juga: LBH: Warga Kampung Baru Dadap Dihadang Aparat Sebelum Bertemu KASAD

Warga menuding Warga menuding pasukan itu untuk menjaga pembangunan proyek rumah susun yang dibangun pemda Tangerang. Tak hanya itu, pasukan TNI bersenjata lengkap juga diduga berencana menjaga pembangunan jembatan reklamasi yang menghubungkan pulau C dan kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Editor: Dimas Rizky

  • LBH
  • Warga Kampung Dadap
  • TNI
  • TNI AD

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!