BERITA

Pesan Natal Uskup Agung Jakarta: Amalkan Pancasila, Jangan Korupsi

Pesan Natal Uskup Agung Jakarta: Amalkan Pancasila, Jangan Korupsi

KBR, Jakarta - Uskup Agung Jakarta Mgr Ignasius Haryanto menyampaikan keprihatinannya terkait banyak orang tidak menghargai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia sebagaimana mestinya. 

Hal itu ia sampaikan usai memimpin misa Natal pontifikal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Senin, 25 Desember 2017.

Ignasius mencontohkan banyak pejabat yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena korupsi. Menurutnya, perilaku korupsi tersebut bertentangan dengan Pancasila karena tidak mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Ambil saja contoh yang tadi saya sebut. Sila kelima Pancasila bermakna mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Coba ada berapa anggota DPR RI, DPRD yang ditangkap KPK. Mereka semestinya memastikan bahwa aturan-aturan yang mereka buat demi kesejahteraan rakyat Indonesia. Dibuat atau enggak aturan itu?" kata Ignasius di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Senin (25/12/2017).

Ignasius mengatakan, pada kurun waktu tertentu Pancasila disalahgunakan dan dijadikan alat kekuasaan oleh pemerintahan Orde Baru. Setelah Orde Baru tumbang, kata Ignasius, Pancasila seperti mulai dilupakan.

"Seolah-olah itu semua dilupakan, lupanya sampai kebablasan," kata Uskup Ignasius.

Ignasius menambahkan kondisi Pancasila yang mulai dilupakan sudah disadari oleh Pemerintahan saat ini. Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP).

"Unit ini tidak akan dibuat kalau Pancasila tidak dilupakan dan sudah dihayati," kata Ignasius.

Hari ini, ribuan umat Katolik mengikuti misa Natal pontifikal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Misa pontifikal merupakan misa paling ramai dihadiri jemaat, karena dipimpin langsung Uskup Agung Jakarta Ignasius Suharyo. Gereja Katedral Jakarta hari ini melaksanakan misa Natal empat kali yakni pukul 7, 9, 11 dan 17 Waktu Indonesia Barat.

Baca juga:

Editor: Agus Luqman 

  • pesan Natal
  • natal 2017
  • perayaan natal
  • ibadah natal
  • Pengamanan Natal
  • natal dan tahun baru

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!